Skotlandia akan Larang Vape Sekali Pakai Mulai April 2025

By Ardha Franstiya | News | Sabtu, 24 Februari 2024

Vapemagz – Pemerintah Skotlandia dilaporkan akan melarang penjualan produk vape sekali pakai atau disposable mulai 1 April 2025.

Melansir BBC News, Sabtu (24/2/2024), saat ini, pemerintah tengah merancang Rancangan Undang-Undang (RUU) bergabung bersama Inggris dan Wales untuk melarang peredaran vape sekali pakai.

RUU tersebut bakal dibahas sampai 8 Maret 2024 sebelum diajukan ke Skotlandia dengan menggunakan kewenangan berdasarkan Undang-Undang (UU) Perlindungan Lingkungan tahun 1990.

Jika disetujui parlemen, artinya UU pelarangan penjualan dan pasokan vape sekali pakai mulai berlaku di Skotlandia.

Larangan vape sekali pakai muncul karena kekhawatiran semakin banyak anak di bawah umur menggunakan vape sekali pakai. Lebih 26 juta vape sekali pakai telah digunakan dan dibuang di Skotlandia pada tahun lalu.

Menteri Ekonomi Sirkular Skotlandia, Lorna Slater mengatakan pemerintah berkomitmen untuk mengurangi penggunaan vaping di kalangan non-perokok dan generasi muda serta mengatasi dampak lingkungan yang ditimbulkan.

“Konsultasi publik (Menciptakan Generasi Bebas Rokok dan Mengatasi Remaja Vaping) menunjukkan bahwa ada dukungan kuat untuk tindakan yang lebih tegas terhadap vaping,” ujar Slater.

“Dari menyebabkan kebakaran di fasilitas pembuangan limbah hingga lebih dari 26 juta vape sekali pakai dikonsumsi dan dibuang di Skotlandia pada tahun lalu, vape sekali pakai merupakan ancaman bagi lingkungan dan juga kesehatan masyarakat,” tambahnya.

“Usulan perubahan undang-undang ini menunjukkan komitmen mutlak kami untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan melindungi lingkungan alam kita yang indah,” lanjut Slater menjelaskan.

Pemerintah Skotlandia juga akan mengajukan rencana di seluruh Inggris untuk meningkatkan usia pembelian tembakau, sehingga bagi siapa pun yang lahir setelah 1 Januari 2009 dilarang membeli produk tembakau.

Merokok bertanggung jawab atas lebih dari 8.000 kematian setiap tahunnya di Skotlandia, dan vape dipandang oleh banyak profesional kesehatan sebagai alat yang berguna untuk membantu orang dewasa berhenti merokok.

Sementara, di sisi lain, produk vape jenis open system akan tetap tersedia di Skotlandia, bersama dengan alat lainnya untuk berhenti merokok, termasuk patch nikotin.

Comments

Comments are closed.