Deklarasi 1 Tahun ARVINDO: Harap Industri Vape Makin Berkembang dan Solid

By Ardha Franstiya | News | Senin, 13 November 2023

Vapemagz – ARVINDO selaku Asosiasi Ritel Vape Indonesia secara resmi mengadakan acara deklarasi “Satu Tahun ARVINDO” pada 10 November 2023 di Hotel Ayana Midplaza Jakarta. ARVINDO sendiri berdiri sejak 10 November 2022, bertepatan dengan Hari Pahlawan Republik Indonesia (RI).

Ketua Umum ARVINDO Fachmi Kurnia Firmansyah Siregar atau biasa disapa Awing mengungkapkan bahwa deklarasi asosiasi sebagai petanda satu tahun perjalanan ARVINDO sebagai wadah aspirasi toko ritel rokok elektrik atau vape store di Indonesia.

“Deklarasi ini menandakan satu tahun pas berjalannya ARVINDO dari awal kita mulai berkumpul bersama-sama retail yang sama-sama mempunyai keresahan, kegalauan yang sama. Menyatukan visi mengumpulkan sebagian orang, akhirnya mulai berkumpul kita sosialisasi ke daerah-daerah yang ternyata sambutannya luar biasa,” jelas Awing kepada Vapemagz.

Awing menjelaskan deklarasi ARVINDO akan menjadi titik awal perjuangan lintas asosiasi dengan adanya penandatanganan pakta integritas bersama seluruh asosiasi guna menjaga dan memajukan industri vape di Tanah Air.

“Kita mau bikin kerjasama atau kesepakatan bersama semua asosiasi yang menyatakan bahwa semua asosiasi akan berjuang untuk kepentingan industri dan para member asosiasinya tanpa melupakan pelaku UMKM-nya,” terangnya.

“Jangan sampai industri ini kita tidak jadi tuan rumah di negeri kita sendiri, jangan sampai kita hanya menjual barang jadi, sementara pelaku-pelakunya semuanya bukan dari orang-orang industri yang sudah lama berjuang buat berkembangnya industri ini,” tambah Awing.

Dalam kesempatannya mengadakan deklarasi ARVINDO, Awing bersama jajarannya akan mensosialisasikan dengan menegaskan kembali agar toko vape di Indonesia paham aturan untuk tidak menjual produk kepada anak di bawah umur.

“Kita mau menegaskan juga toko nggak boleh melayani anak di bawah umur 18 tahun, karena efeknya tidak hanya membahayakan toko itu sendiri secara pidana karena melanggar hukum, tapi juga membahayakan seluruh industrinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Awing bersama ARVINDO berharap seluruh asosiasi vape di Indonesia untuk saling bekerja bersama-sama dalam membangun industri vape di Indonesia agar semakin solid dan berkembang.

“Yang pasti industrinya semakin besar, tapi yang sering gue bilang, jangan industrinya besar mengorbankan para pelaku pelaku UMKM-nya. Kita harus berkembangnya bersama-sama, tumbuhnya sama-sama dari segala sisi. Jadi nggak hanya satu lini aja yang tumbuh, tapi lini lainnya mati,” ucap Awing.

“Harapan kita juga bisa bekerjasama bersama asosiasi-asosiasi lain. Kalau memang benar hatinya buat industri harusnya semua asosiasi itu bergandengan tangan, bukan hebat-hebatan, bukan saing-saingan, dan bukan gagah-gagahan,” tegasnya.

Seperti diketahui, saat ini sudah ada 1.324 member toko ritel yang terdaftar di ARVINDO. Dengan demikian, ARVINDO terus berkomitmen untuk terus memajukan industri vape Indonesia, menyuarakan dan menyampaikan aspirasi dari toko ritel, bersinergi dengan distributor dan produsen demi kemajuan industri, serta membantu solusi atas permasalahan yang dijumpai retailer vape Indonesia.

“Ritel kalau kompak suaranya akan sangat mempengaruhi tentang jalannya industri, tujuannya supaya semua ritel-ritel bersatu mempunyai satu wadah untuk berjuang bersama-sama,” tutup Awing.

VISI ARVINDO

  • Asosiasi ini didirikan bertujuan untuk meningkatkan kerjasama yang harmonis dan persaingan usaha yang sehat untuk anggota khususnya dan pelaku usaha ritel vape pada umumnya.
  • Menjadi gerakan ekonomi yang ikut membangun tatanan perekonomian nasional.
  • Menjaga iklim persaingan usaha vape secara sehat, rapi, dan terstruktur di Indonesia.
  • Terciptanya iklim usaha yang kondusif dan pertumbuhan investasi yang kompetitif.
  • Terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan kesetaraan.

MISI ARVINDO

  • Menggalang kerjasama dengan para pelaku usaha dan para pelaku hubungan industrial, baik didalam maupun diluar negeri.
  • Membangun jejaring (network) dalam rangka peningkatan mutu pada umumnya dan profesionalisme manajemen sumber daya manusia dalam lingkup dunia usaha pada khususnya.
  • Memberikan pelayanan kepada para pelaku usaha ritel vape berupa: Perlindungan, Pemberdayaan, dan Pembelaan.
  • Mengupayakan terciptanya investasi yang seluas-luasnya di Indonesia.
  • Melakukan kegiatan usaha-usaha bersama lain yang sah dan bermanfaat bagi pengusaha ritel di Indonesia maupun luar negeri, dengan ketentuan kesepakatan bersama dalam rapat kepengurusan yang berasaskan musyawarah mufakat demi kemaslahatan umum dan ekosistem ekonomi yang sehat sebagai bagian dari perjuangan visi misi organisasi.

Sepanjang 2023 ini, ARVINDO telah menjalankan beberapa program kerja yang meliputi kegiatan sosialisasi di sejumlah daerah Indonesia, seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Serang Banten, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Makassar.

Kemudian, diadakannya Dialogue Series Zoom dalam membahas berbagai tema isu yang sedang hangat di industri vape dengan menghadirkan narasumber-narasumber kompeten. Selain itu, Upskilling Vape Business Owner, sebuah program edukasi untuk pemilik toko ritel vape.

ARVINDO juga menghadirkan program Vaporista 2.5 yang bekerjasama dengan Indonesia Vaper Movement (IVM). Vaporista 2.5 sendiri merupakan komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar tercapainya pelayanan maksimal untuk konsumen. Adapun kegiatan Vaporista 2.5 sudah pernah digelar di Yogyakarta, Bogor, Jakarta, Serang Banten, Bali, dan Makassar.

PENGURUS ARVINDO

Susunan kepengurusan Asosiasi Ritel Vape Indonesia

DEWAN PENGURUS

Ketua Umum: Fachmi K Firmansyah Siregar

Wakil Ketua Umum: Rifqi Habibie Putra

Sekretaris Jenderal: Orland Marsel

Bendahara Umum: Hilman Sulaiman

Ketua Bidang Humas Febri Trianto

Humas: Fathul Qorib

Humas: Aldiano Ruby

Ketua Bidang Hub Internasional: Sulkam Mas’ud

Ketua Bidang Event: Hendy Kurniawan

Satgas: Muhamad Anzar

Satgas: Septian Dwi S

DEWAN PENASEHAT

Miqyas Anwar

Deny Syahputra H

Robert

DEWAN PEMBINA

Silmy Karim

Adisatrya Suryo S

Adri Daradjatun

Hengki Purwoko

Aldi Djemat

Comments

Comments are closed.