Wales: Merokok di Taman Bermain Akan Dilarang Mulai Maret

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 19 Februari 2021

Larangan merokok di ruang publik tertutup di Wales, Irlandia Utara dan Inggris telah diperkenalkan pada tahun 2007. Namun mulai Maret 2022 mendatang larangan merokok akan berubah lagi. Ini dikarenakan Wales merupakan negara konstituen Britania Raya yang menerapkan larangan di halaman rumah sakit, taman bermain anak-anak, halaman sekolah, dan tempat penitipan anak.

Perizinan merokok di dalam kamar hotel dan wisma, serta di akomodasi liburan mandiri, sedang dalam tahap penghapusan. Undang-undang sementara ini hanya mencakup tembakau dan tidak mencakup rokok elektrik.

“Kami masih berada di tengah pandemi, tetapi kami tidak boleh mengesampingkan undang-undang yang bertujuan untuk mengurangi paparan orang terhadap perokok pasif yang berbahaya. Kami tahu banyak perokok telah termotivasi oleh krisis Covid-19 untuk berhenti dan layanan Help Me Quit kami terus berjalan, siap membantu mendukung orang yang berhenti merokok di setiap langkah,” kata Eluned Morgan, Menteri Kesehatan Mental Wales.

Wales Online / Robert Melen
Eluned Morgan: “Melarang merokok di luar rumah sakit dan tempat dimana anak-anak dan remaja menghabiskan waktu mereka, seperti taman bermain umum dan halaman sekolah, tentu ini akan membuat kebiasaan merokok menjadi tidak normal.”

“Kami sangat menyambut baik tindakan lebih lanjut yang diambil oleh pemerintah untuk mengatasi masalah merokok di Wales. Ini adalah langkah lebih lanjut untuk menjadikan merokok sebagai pengecualian bukan aturan,” kata Julie Barratt, Presiden Chartered Institute of Environmental Health (CIEH).

(Via BBC News)

Comments

Comments are closed.