Viral Wanita Ngevape di Gerbong, Kenapa Tak Ada Area Merokok di Kereta?

By Vape Magz | News | Selasa, 16 Mei 2023

Seorang wanita viral karena nekat menghisap vape di gerbong padahal hal itu sudah jelas melanggar aturan KAI. Video viral itu beredar pada Minggu 14 Mei 2023 lalu.  PT Kereta Api Indonesia (KAI) sudah menetapkan sejumlah aturan yang wajib ditaati para penumpangnya untuk keselamatan, keamanan, dan kenyamanan mereka. Sederet aturan tersebut mencakup larangan merokok dan isap vape.

Dilansir dari laman PT KAI, keselamatan dan kenyamanan menjadi hal yang diperhatikan layanan transportasi umum tersebut. Larangan merokok dan mengisap vape terpampang di stasiun hingga di dalam gerbong.

“Saat naik kereta api, terdapat banyak sticker imbauan untuk keselamatan para pelanggannya baik larangan merokok, imbauan tidak tidur di lantai kabin/bordes kereta, maupun peringatan terjepit pintu,” tulis PT KAI dalam lamannya.

Kenapa tak ada ruang merokok di gerbong kereta api?

Akun Twitter Kereta Api Indonesia, @KAI121, menyebut pihaknya memiliki komitmen untuk memfasilitasi perjalanan penumpang tanpa asap rokok.

“Selamat pagi Kak dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. PT KAI berkomitmen setiap perjalanan KA bebas dari asap rokok,” ujar akun PT KAI.

Ternyata komitmen itu memiliki landasan yakni adanya surat edaran Menteri Perhubungan beberapa tahun lalu. Hal itu menjadi alasan tidak adanya ruang merokok di gerbong. 

“Komitmen ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan nomor 29 Tahun 2014 tentang larangan merokok dalam sarana angkutan umum sehingga kami tidak menyediakan ruang khusus merokok di dalam rangkaian KA. Trims,” tambahnya.

SE tersebut diperuntukkan bagi angkutan umum di darat, laut, udara, penyeberangan, dan kereta api. Di antara isinya adalah keharusan memasang stiker “Dilarang Merokok”.

“Tidak menyediakan tempat untuk merokok di dalam sarana angkutan; awak sarana angkutan yang bertugas tidak merokok dalam kendaraan dan apabila diketemukan merokok di dalam kendaraan selama bertugas, agar diberikan sanksi yang tegas; awak sarana angkutan agar meningkatkan pengawasan kepada setiap penumpang dan yang melanggar agar diberikan sanksi yang tegas,” kata SE ditandatangani mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Johan.

Adapun cuitan PT KAI di atas dirilis untuk  menanggapi usulan warganet yang ingin ada smoking area untuk kereta api yang melayani perjalanan jarak jauh.

“Masszzeehhh, bisa yuk menyediakan smoking area di gerbong KAI Jarak Jauh, paru2 tereaakk masszzzeeehhhhh @mas_didiek. Dengan mengudud, kami juga berkontribusi dalam pemasukan pajak negara tercinta ini masszzeehhh….,” demikian kata warganet dengan akun Twitter @letih_*****

Viral video wanita dengan percaya diri isap vape di gerbong kereta api

Beredar video viral wanita isap vape di gerbong kereta api. Wanita itu terlihat merekam dirinya saat melakukan aksi tersebut. Rekaman 20 detik itu memperlihatkan wanita tersebut mengenakan kerudung hitam dan jaket levis.

“Tahan aja dulu 10 menit, jangan nyebat di kereta yang masih jalan,” kata akun @tanyakanrl saat mengabadikan momen tersebut.

Diketahui penumpang yang melanggar aturan itu akan dihukum dengan diturunkan di stasiun terdekat.

 

Via pikiran-rakyat.com

Comments

Comments are closed.