Viral Video Sekumpulan Bocah Sedang Asyik Menghisap Rokok Tembakau

By Ardha Franstiya | News | Kamis, 18 April 2024

Vapemagz – Sebuah unggahan video viral di media sosial yang memperlihatkan sekumpulan bocah sedang asyik menghisap rokok.

Postingan video sendiri diketahui pertama kali dari akun X (sebelumnya Twitter) @kegblgnunfaedh. Banyak netizen menyayangkan aksi dari para bocah.

Terlihat dalam video, ada beberapa bocah di bawah umur sedang asyik menghisap rokok tembakau. Namun paling memprihatinkan, ada satu wanita paruh baya yang hanya diam tidak menegur.

“Itu nenek-nenek cuma ngetawain doang yang bener ajalah,” ujar akun @LRa3003.

“Astaga yang bener aja njirr, kenapa gak ada yang negur,” susul akun @zareory.

“Turut prihatin yaa, semoga kejadian seperti video ini tidak dijadikan contoh buat anak-anak manapun, karna merokok tidak baik untuk kesehatan, buat pelajaran serius bagi orang tua dan kakak-kakak yang punya adik supaya tetap jaga dan pantau anak-anak/adik-adik kita,” lanjut komentar dari akun @pesanbunda.

Di sisi lain, ada beberapa netizen mencoba memberikan penjelasan. Menurutnya, ada kebiasaan dari sebagian wilayah di Indonesia yang memberikan rokok untuk anak-anak.

“Ada beberapa wilayah di jawa timur-jawa tengah, biasanya di bagian selatan, yang anak-anaknya dari balita dikasih kretek biar ndak ngileran atau rewel. Teman kuliah dari Magetan yang cerita begitu. Itu sekitar 5 tahun yang lalu. Ntah apa tradisi tersebut masih ada apa tidak,” jelas akun @hasamici.

“Setau saya memang ada di daerah pelosok jawa, biasanya daerahnya penghasil tembakau dan juga tempatnya di gunung, udaranya dingin, gak hanya anak-anak, perempuannya pun pada ngerokok juga,” tambah komentar netizen lainnya.

Semenjak diunggah pada 16 April 2024, postingan video itu telah mendapatkan 1,6 juta tayangan, 1,6 ribu komentar, dan 17 ribu like. Hingga kini, belum diketahui secara pasti lokasi pengambilan video tersebut.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia melarang menyuruh anak di bawah usia 18 tahun untuk menjual, membeli, bahkan mengonsumsi produk tembakau.

Comments

Comments are closed.