VdeH Mengkritik Rencana Pemerintah Jerman Yang Ingin Menaikkan Pajak Produk Vape

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 12 Juni 2021

Asosiasi perdagangan rokok elektrik Jerman, VdeH, mengkritik rencana komite keuangan yang ingin menaikan pajak produk vaping dan tembakau yang dipanaskan, termasuk produk bebas nikotin.

Selama ini produk vape hanya dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Produk tembakau yang dipanaskan dilaporkan akan dikenakan pajak yang sama seperti rokok. Tentu rencana tersebut tidak hanya akan meningkatkan pasar gelap, tetapi juga menghancurkan banyak usaha kecil dan menengah.

“Faktanya liquid vape sebelumnya sudah dikenai pajak yang lebih tinggi dibanding rokok tembakau. Rencana kenaikan pajak terbaru ini adalah kebijakan kesehatan yang aneh,” kata Managing Director VdeH Michal Dobrajc dalam sebuah pernyataan.

Velvet Cloud
Pemerintah Jerman harus belajar dari pengalaman negara lain yang terpaksa menurunkan pajak produk alternatif tembakau, karena berpotensi tinggi membuat vapers kembali merokok.

“Tobacco Tax Modernization Act adalah bencana, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Jika pemerintah Jerman serius ingin mengurangi tingkat merokok, seharusnya mendukung industri vape yang terbukti mengurangi tingkat merokok, bukan menghancurkannya,” tutup Dobrajc.

(Via VdeH)

Comments

Comments are closed.