Vape Sebabkan Popcorn Lung, Ketua ARVINDO Angkat Bicara

By Vape Magz | News | Selasa, 28 Februari 2023

Belum lama ini publik dihebohkan dengan pemberitaan mengenai seorang wanita terkena popcorn lung atau peradangan pada saluran udara paru akibat vape yang dikonsumsinya. Mengenai kabar tersebut, Ketua Umum Asosiasi Ritel Vape Indonesia (ARVINDO), Firmansyah Siregar angkat bicara. Firman menegaskan, klaim apapun terkait vape tanpa penelitian dan bukti ilmiah dinilai tidak bijak.

“Semua klaim yang memojokan vape dengan mengabaikan penelitian yang membandingkan tingkat risiko vape seakan ingin memadamkan hak orang untuk memilih alternatif lain dari pengantar nikotin,” kata Firman saat dihubungi Vapemagz baru-baru ini.

Isu vape menyebabkan popcorn lung merupakan isu lama di industri vape dan hanya berdasarkan asumsi belaka, bukan bukti ilmiah. Penelitian dari Cancer Research UK menyatakan bahwa belum ditemukan bukti nyata bahwa popcorn lung berkaitan dengan vape. Firman berpendapat bahwa hasil penelitian tersebut seperti diabaikan oleh banyak pihak. Menurutnya, ajakan pemerintah Inggris kepada warganya yang merokok untuk beralih ke vape, pastinya telah dilandasi oleh penelitian tentang profil resiko dari vape.

Lebih lanjut, Firman menuturkan, klaim apapun terkait vape tanpa penelitian dan bukti ilmiah dinilai tidak bijak, mengingat beberapa tahun lalu juga pernah beredar kabar sejumlah remaja di Amerika mengalami kerusakan paru-paru yang disebabkan vape, namun setelah dilakukan penelitian yang lebih mendalam ternyata ditemukan bahwa mereka menggunakan e-liquid illegal yang menggunakan THC.   Padahal, vape hadir untuk membantu perokok dalam menghentikan kebiasaan merokok mereka.

“Apapun yang berlebihan tentunya tidak baik, dan kondisi terbaik adalah tidak merokok dan tidak menggunakan vape,” ujar Firman.

Comments

Comments are closed.