Tanzania: Harga Daun Tembakau Naik di Tabora

By Bayu Nugroho | News | Minggu, 20 Juni 2021

Harga daun tembakau di wilayah Tabora, Tanzania telah meningkat sepuluh kali lipat menjadi TZS 4,000 (Rp 24.996) per kg pada musim tanam ini. Kenaikan harga ini dikarenakan banyaknya pembeli yang bersedia membayar mahal daun tembakau berkualitas terbaik.

Kenaikan harga merupakan insentif utama bagi petani tembakau berskala kecil, memacu petani untuk meningkatkan produksi pertanian. Direktur Eksekutif Distrik Uyui Hemed Magaro mencatat bahwa peningkatan perusahaan daun tembakau telah menyebabkan persaingan ketat dan naiknya harga daun tembakau.

Sepanjang musim tanam berlangsung banyak penyuluh pertanian mengunjungi petani, memberikan saran agronomi dan layanan terkait. Hasilnya, para petani menghasilkan kualitas daun tembakau yang lebih baik.

Sophie Mbugua / News Deeply
Para petani tembakau sangat gembira dengan naiknya harga jual daun tembakau di pasaran.

Pelaksana Tugas Direktur Tanzania Tobacco Board Stanley Mnozya mengatakan kehadiran pembeli yang berani membayar mahal daun tembakau telah meningkatkan ketersediaan benih tembakau berkualitas.

“Kami terus melakukan verifikasi petani sehingga kami dapat memiliki jumlah yang pasti dan mengatur sarana yang tepat untuk melayani mereka. Kami juga telah meningkatkan jumlah penyuluh, dimana satu penyuluh akan memantau setidaknya 150 petani. Hasilnya, kualitas tembakau telah meningkat dari awalnya 67 persen kini menjadi 93 persen,” kata Mnozya.

(Via Daily News)

Comments

Comments are closed.