Swedia Sodorkan RUU yang Melarang Produk Vape

By Vape Magz | News | Senin, 7 Maret 2022

Pemerintah Swedia secara resmi telah mengusulkan larangan rasa vape non-tembakau, termasuk mentol. Undang-undang yang diusulkan ini mencakup e-liquid nikotin dan non-nikotin, serta menangkap otoritas pengatur atas semua produk nikotin sintetis. Jika disahkan, penjualan produk vape akan ilegal mulai 1 Januari 2023 yang akan datang. RUU yang berjudul “Aturan yang lebih ketat untuk produk nikotin baru,” ini diperkenalkan minggu lalu oleh Kementerian Sosial negara setempat, dan saat ini sedang ditinjau oleh Dewan Perundang-undangan (Lagrådet), yang menilai validitas hukum dari RUU yang diusulkan sebelum legislator mempertimbangkannya.

RUU tersebut kemudian akan dipilih oleh Riksdag (parlemen) paling cepat 22 Maret mendatang, menurut Stefan Mathisson dilansir dari situs web vape Swedia, Vejpkollen. Hal tersebut tidak menyisakan banyak waktu bagi vapers Swedia untuk menghubungi perwakilan terpilih mereka untuk menentang larangan. Adapun pengumuman dari pemerintah menjelaskan bahwa undang-undang yang diusulkan tersebut melarang “zat aditif semacam itu dalam e-liquid yang memberikan bau atau rasa yang jelas terlihat selain tembakau.” Kemudian undang-undang tersebut juga menetapkan usia minimum 18 tahun untuk membeli produk yang dibuat dengan nikotin sintetis, yang belum pernah diatur sebelumnya. Pemerintah secara aktif telah mengejar larangan produk vape selama beberapa tahun terakhir. Adapun menurut Mathisson, pemerintah menyelesaikan penyelidikannya atas masalah ini tahun lalu dan mengumumkan RUU yang melarang rasa dalam produk vape akan segera hadir.

Swedia terkenal memiliki prevalensi perokok dewasa terendah dan penyakit akibat tembakau terendah di Benua Eropa, karena popularitas snus, produk tembakau tanpa asap yang dipasteurisasi tanpa terbukti berbahaya. Adapun Snus dilarang di Uni Eropa (UE), tetapi Swedia diberi pengecualian untuk mengizinkan penjualan snus ketika memasuki UE pada tahun 1995. Snus telah digunakan secara luas di Swedia selama lebih dari 200 tahun. Swedish Match snus adalah produk tembakau pertama yang menerima penunjukan Risiko Modifikasi (MRTP) dari FDA Amerika Serikat pada tahun 2019. Jika Swedia mengeluarkan larangan tadi, hal itu akan menjadikannya negara Eropa kedelapan yang melakukan hal tersebut. Estonia, Finlandia, Hungaria, dan Ukraina saat ini memiliki batasan rasa. Sedangkan larangan rasa di Denmark akan mulai berlaku pada bulan April akan mendatang, dan Lithuania serta Belanda telah meloloskan larangan yang akan dimulai pada bulan Juli. Namun terlepas dari larangan ini, tidak ada negara Eropa yang melarang langsung semua penjualan produk vape.

 

(Via vapeast.com)

 

Comments

Comments are closed.