Survei: Kenaikan Tarif Cukai Tidak Berpengaruh Untuk Perokok Usia Dini

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 25 Desember 2020

Kenaikan tarif cukai 2021 diperkirakan tidak akan menurunkan angka perokok usia dini, menurut Peneliti dari FEB Universitas Brawijaya Malang. Dari hasil survei yang baru saja dilakukan, kenaikan tarif cukai tidak berpengaruh siginifikan terhadap konsumsi perokok, khususnya usia dini.

Menurut peneliti, hasil survei menunjukkan bahwa 47 persen perokok usia dini berasal dari ekonomi kategori non-miskin dan 53 persen dari masyarakat berpendapatan rendah.

Alomedika
Dari survei ini bisa ditarik kesimpulan, bahwa para perokok akan tetap loyal membeli produk rokok walaupun tarif cukai naik hingga 12,5 persen.

“Karena kenaikan harga rokok tidak serta-merta menurunkan prevalansi perokok usia dini karena ada faktor-faktor itu,” kata Imanina Eka Dalilah, Peneliti Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi FEB Universitas Brawijaya, melalui webinar virtual, Rabu (23/12/2020).

Hasil dari survei tersebut menunjukkan bahwa 57 persen perokok usia dini memilih tidak beralih membeli produk rokoknya, sedangkan 43 persen lainnya memilih untuk beralih ke produk lain.

(Via Kompas)

Comments

Comments are closed.