Studi: Reaksi Otak Remaja Terhadap Uap Vape Berbeda Dengan Orang Dewasa

By Bayu Nugroho | News | Kamis, 25 Februari 2021

Dipimpin oleh Prof. Jibran Khokhar, peneliti Universitas Guelph melakukan tes perilaku Conditioned Place Preference (CPP) menggunakan hewan remaja dan dewasa, untuk menilai perbedaan perkembangan efek dari uap nikotin.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa hewan pengerat menemukan manfaat dari uap nikotin dalam eksperimen CCP. Ini juga menunjukkan bahwa remaja menemukan manfaat vape nikotin, dibandingkan dengan orang dewasa. Hasilnya remaja ternyata hanya mendapatkan paparan yang lebih pendek, dibandingkan dengan orang dewasa,” kata Khokhar.

Khokhar menambahkan fakta bahwa paparan pada otak remaja jauh lebih kecil, dapat menjelaskan mengapa penggunaan berkelanjutan lebih memungkinkan terjadi paparan nikotin pada usia yang lebih muda.

Love to Know
Penemuan dari penelitian ini sejalan dengan perkembangan literatur yang mengindikasikan bahwa paparan nikotin pada remaja meningkatkan risiko merokok di masa depan.

“Temuan dari penelitian kami akan membantu mengungkap mekanisme yang mendasari kerentanan otak remaja terhadap efek dari uap vape, serta konsekuensi jangka panjang dari paparannya,” tutup Khokhar.

(Via News-Medical)

Comments

Comments are closed.