Studi Inggris: Uji Kelayakan Berikan Vape Kepada Perokok Di Pusat Tunawisma

By Bayu Nugroho | News | Senin, 18 Januari 2021

Sementara tingkat merokok di Inggris telah mencapai rekor terendah, masih banyak ketidaksetaraan bagi tunawisma usia dewasa, tetap empat kali lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Demi mencapai kesetaraan, pemerintah Inggris melakukan uji coba untuk menilai kelayakan vaping dengan memberikan perokok sebuah starter kit vape gratis. Nantinya pemerintah bisa mengukur parameter untuk kemungkinan uji coba berikutnya dalam skala yang lebih besar.

Sebagai bagian dari uji coba ini, empat pusat tunawisma di Inggris dialokasikan ke grup Usual Care (UC) atau E-Cigarette (EC). 32 peserta dalam kelompok UC, menerima nasihat berhenti merokok dan mendapatkan dukungan oleh Stop Smoking Service. Sedangkan 48 peserta lainnya masuk ke kelompok EC, mereka diberi starter kit vape dengan pasokan likuid selama empat minggu.

LMT Care
Ruangan pusat tunawisma di Inggris.

Hasil yang dikumpulkan dari dua kelompok menunjukkan tingkat depresi dan kecemasan menurun selama penelitian. Namun, kelompok yang menerima starter kit vape menunjukkan lebih banyak keberhasilan berhenti merokok.

“Intervensi EC diterima lebih baik dengan efek negatif yang minimal dan sangat sedikit konsekuensi yang tidak diinginkan (misalnya vape hilang, dicuri, ditambahkan zat terlarang),” lapor para peneliti.

(Via PLOS ONE)

Comments

Comments are closed.