Serikat Pekerja Rokok Menduga LSM Asing Dukung Rencana Revisi PP 109/2012

By Bayu Nugroho | News | Senin, 14 Juni 2021

Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Sudarto mengungkapkan ada keterlibatan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asing terkait rencana revisi Peraturan Pemerintah 109/2012.

“Ada indikasi keterlibatan LSM asing dalam berbagai kegiatan antirokok atau anti tembakau. Kita tahu ada dana tergulirkan untuk membiayai kampanye antirokok,” kata Sudarto.

Menurut Sudarto rencana revisi PP 109/2012 akan mengancam keberlangsungan Industri Hasil Tembakau (IHT). Industri rokok sudah tertekan dengan situasi pandemi Covid-19, jika pemerintah merevisi PP 109/201 sudah pasti akan menyebabkan berbagai permasalahan mulai kerugian pabrik, maraknya PHK, dan tutupnya produksi rokok.

Tribratanews Polda Jateng
Apabila rencana revisi PP 109/2012 ini terus dilanjutkan, para pekerja di IHT tidak mendapatkan jaminan kepastian, perlindungan untuk bekerja, dan mempertahankan sumber pendapatannya. 

Serikat pekerja tembakau meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali rencana revisi PP 109/2012. Sudarto menambahkan bahwa industri rokok bukan industri baru. Industri rokok sudah sangat lama, sudah ratusan tahun menjadi bagian sawah ladang pekerja.

(Via Kontan)

Comments

Comments are closed.