Selain Menjadi Bahan Dasar Rokok, Tembakau Juga Bisa Dijadikan Pestisida Organik Lho

By Vape Magz | News | Selasa, 9 November 2021

Serangan hama tanaman tentu meresahkan para pecinta berkebun. Langkah mudah untuk membasminya ialah menggunakan pestisida.

Sayangnya, kebanyakan pestisida di pasaran mengandung bahan kimia berbahaya. Ini menjadi dilematis jika Anda berencana menggunakannya untuk tanaman sayur atau buah yang dikonsumsi.

Sebab, partikel berbahaya dari pestisida bisa tertelan dan jika menumpuk di tubuh. Secara akimulatif, hal ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk menghindari penggunaan pestisida kimiawi, kamu bisa membuat sendiri pestisida alami dari tembakau.

Daun tembakau (Nicotiana tabacum) yang mengandung nikotin, juga memberi efek racun bagi beberapa serangga terutama makhluk bertubuh lunak seperti siput dan kutu daun. Meski mematikan bagi hama, pestisida ini aman bagi manusia.

Berikut langkah-langkah membuat pestisida organik dari tembakau seperti yang dilansir dari Hunker:

  1. Seduh dan rendam tembakau

Seduh 1 cangkir tembakau kering dalam 1 galon air setidaknya selama setengah jam. Perendaman dalam waktu yang lebih lama menghasilkan pestisida yang lebih kuat.

Beberapa pegiat kebun membiarkan campuran tembakau terendam selama sehari. Pestisida yang lebih kuat bekerja lebih cepat, tetapi juga lebih berbahaya bagi serangga taman yang menguntungkan.

  1. Racik cairan dengan teh

Tambahkan 1 sendok teh cairan pencuci piring ke dalam larutan tembakau. Ini bertindak sebagai surfaktan untuk meningkatkan daya sebar dan membantu larutan menempel pada tanaman. Sabun juga bersifat agak beracun bagi hama.

  1. Saring dan simpan dengan aman

Saring cairan tersebut ke dalam wadah penyimpanan plastik. Gunakan saringan halus untuk menghilangkan potongan tembakau. Kencangkan tutupnya dengan aman.

Pestisida akan bertahan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang sejuk seperti garasi atau ruang bawah tanah.

  1. Semprotkan

Pindahkan campuran ke semprotan tanaman untuk digunakan. Semprotkan bagian tanaman yang terkena hama secara menyeluruh, tetapi targetkan hama itu sendiri. Termasuk menyemprotkan tunas yang dikerubungi kutu.

Perlu diingat, semprotan tembakau bersifat alami tetapi masih berbahaya bagi serangga bermanfaat seperti kepik. Untuk itu, kamu bisa menyemprotkan pada daun yang tidak bermasalah sebagai tindakan pencegahan.

  1. Perhatikan tanaman yang jadi target

Semprotkan pestisida hanya pada tanaman yang tidak termasuk famili tembakau, Solanaceae. Hindari tanaman yang berhubungan dengan tembakau, termasuk tomat (Lycopersicon esculentum), kentang (Solanum tuberosum) dan paprika (Capsicum spp.).

Tembakau dapat menularkan virus mosaik tembakau dan menyebabkan lebih banyak masalah bagi tanaman ini daripada hama.

(Via kompas.com)

Comments

Comments are closed.