Sampah Puntung Rokok di Spanyol Menjadi Tanggungan Biaya Perusahaan Tembakau

By Vape Magz | News | Sabtu, 7 Januari 2023

Puntung rokok nampaknya menjadi persoalan bagi hampir semua negara. Kali ini Spanyol yang harus direpotkan dengan sampah puntung rokok.

Baru-baru ini perusahaan tembakau dipaksa membayar tagihan untuk membersihkan jutaan puntung rokok yang dibuang perokok setiap tahun di bawah peraturan lingkungan baru di Spanyol. Produsen rokok juga akan bertanggung jawab untuk mendidik masyarakat agar tidak membuang puntung rokok mereka sembarangan.

Peraturan ini berlaku di Spanyol mulai Jumat, 6 Januari 2023, yang merupakan bagian dari upaya seluruh Uni Eropa untuk mengurangi limbah dan mempromosikan daur ulang. 

Sebelumnya, Uni Eropa telah menerapkan larangan penggunaan peralatan makan dan piring plastik sekali pakai, korek kuping, gelas polistiren, dan sedotan plastik.

Melansir dari Euronews, Kamis (5/1/2023), Spanyol hingga saat ini belum menjelaskan bagaimana pembersihan akan dilakukan dan berapa biaya yang harus dikeluarkan perusahaan tembakau. 

Namun, sebuah studi Catalan yang dilakukan oleh Zero Waste Society, Rezero memperkirakan diperlukan biaya pembersihan antara 12 hingga 21 euro atau setara dengan Rp199 ribu hingga Rp349 ribu per warga, sehingga dalam satu tahun bisa mendapatkan total satu miliar euro.

Via liputan6.com

 

Pada awal tahun ini, pemerintah akan mengusulkan skema puntung rokok satuan dapat ditebus seharga 0,20 euro atau Rp3 ribu. Dengan skema itu, akan ada tambahan biaya 4–5 euro untuk sebungkus rokok berisi 20 batang. Artinya, sebungkus rokok bisa mencapai Rp66 ribu hingga Rp82 ribu.

 

Melansir dari The Guardian, menurut data statistik pemerintah tahun lalu, sekitar 22 persen orang Spanyol merokok. Persentasi perokok pria lebih besar daripada perokok wanita. Jumlah perokok di Spanyol pun lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata Uni Eropa sebesar 18,4 persen.

 

Comments

Comments are closed.