Rusia Melarang Impor Daun Tembakau Brasil Karena Kekhawatiran Hama Lalat

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 24 Juli 2021

Rusia telah melarang impor daun tembakau dari Brasil dan empat negara lain mulai 19 Juli, mengutip kekhawatiran pihak berwenang tentang infestasi lalat.

Pengumuman itu dibuat pada 15 Juli oleh layanan federal Rusia untuk direktorat pengawasan veteriner dan fitosanitasi. Hal ini dipicu oleh kekhawatiran tentang status fitosanitasi (penghancuran tanaman yang terinfeksi) tembakau dari berbagai negara dan pelanggaran sistematis fitosanitasi dari Eurasian Economic Union (EAEU).

Hingga saat ini, inspektur Rusia telah mendeteksi pengiriman tembakau dengan gangguan lalat peti mati (Megaselia Scalaris) sebanyak 28 kali, menurut pernyataan yang dipublikasikan di situs web Russian Trade Representative di Brasil.

Lynn Bergen
Megaselia Scalaris dianggap sebagai hama karantina di seluruh EAEU.

Kementerian Pertanian Brasil mengatakan belum diberitahu secara resmi tentang keputusan tersebut. Menurut data dari Kementerian, Brasil telah mengekspor hampir 20.000 ton daun tembakau senilai USD 43,7 juta (Rp 632,5 miliar) ke Rusia pada tahun 2020.

Larangan itu membuat kecewa bagi para pedagang daun tembakau Brasil, banyak di antara mereka sedang dalam tahap pengiriman musim tembakau dan terpaksa menunda pengiriman ke pasar utama.

(Via Datamar News)

Comments

Comments are closed.