Rugikan Negara, Pemerintah Semakin Gencarkan Peredaran Rokok Ilegal

By Vape Magz | News | Rabu, 15 Juni 2022

Petugas bea cukai sedang melakukan operasi pasar terkait peredaran rokok ilegal (sumber foto : www.instagram.com)

Vapemagz – Peredaran rokok ilegal terus menjadi atensi pemerintah daerah. Upaya pencegahan seperti operasi rokok tanpa cukai dan tindakan pencegahan dilakukan dengan sosialisasi dan kampanye di wilayah pelosok.

Hal ini disebabkan karena peredaran rokok ilegal tak memiliki pita cukai pajak, sehingga dapat merugikan negara.

Kepala Satpol PP Blora, Hendi Purnomo menjelaskan, pemerintah daerah berupaya meminimalisir peredaran rokok ilegal dengan penegakan dan sosialisasi kepada masyarakat. Sebagai penegak hukum, pihaknya tahun ini masih menunggu proses perubahan anggaran untuk pelaksanaan.

“Bulan-bulan ini belum ada operasi peredaran rokok ilegal, mungkin nanti setelah ada perubahan anggaran,” ujar Hendi dalam keterangan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Dia mengungkapkan, tahun lalu penegakan dilakukan bidang perekonomian. Namun, pihaknya turut serta mengimbau masyarakat tidak mengonsumsi rokok ilegal. Sebab, dapat merugikan negara.

“Peredaran tidak hanya di wilayah pelosok, kemungkinan juga sekitar perkotaan,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Kominfo Blora Bambang Setya Kunanto mengungkapkan, telah sosialisasi dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) dan rokok ilegal di beberapa wilayah di daerah.

Upaya itu untuk meminimalisir peredaran rokok tanpa cukai yang merugikan negara.

“Sosialisasi masih kami gencarkan di beberapa wilayah berpotensi banyak peredaran rokok ilegal,” jelasnya.

Data Kementerian Keuangan tahun lalu, terdapat 14.296.655 batang rokok ilegal telah ditemukan. Jika dikalkulasikan, mencapai Rp 14,5 miliar dan potensi kerugian negara Rp 9,5 miliar.

Sedangkan pada April lalu, ditemukan sekitar 4 juta batang dengan perkiraan nilai Rp 5,1 miliar kalkulasi kerugian mencapai Rp 3,5 miliar.

Comments

Comments are closed.