Rokok Mild Lebih Aman untuk Kesehatan?

By Bayu Nugroho | News | Senin, 31 Desember 2018

Banyak perokok pemula cenderung memilih rokok bertipe mild dikarenakan oleh kandungan TAR yang lebih minim dibandingkan rokok lainnya. Namun, semuanya anggapan itu tentu salah. Semua rokok tembakau yang dibakar jelas membahayakan kesehatan, ada ribuan zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Berikut beberapa pakar kesehatan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai bahaya dari rokok jenis ini.

“Meskipun memiliki kandungan nikotin lebih rendah, tetap saja menghisap rokok mild bisa memberikan kerugian bagi kesehatan, khususnya dalam menyebabkan kanker paru-paru,” kata Pakar kesehatan dr. Elisna Syahruddin, Ph.D, Sp.P(K) dari RSUP Persahabatan.

“Tanpa sadar para penghisap rokok mild ini terlena dengan label aman dari rokok ini dan bisa dengan santai menghisap rokok ini dalam jumlah yang banyak setiap hari. Hal ini tentu akan membuat kadar nikotin dan racun lainnya yang ada dalam rokok terhisap dalam jumlah yang banyak oleh tubuh dan memicu datangnya penyakit,” kata dr. Elisna.

Andi Mardana/Majalah Kartini
dr. Elisna Syahruddin: “Rokok mild sama sekali tidak bisa dianggap sebagai rokok yang lebih aman untuk dihisap. Rokok jenis apapun sama-sama memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Meskipun rokok berjenis mild lebih mengandung sedikit bahan berbahaya dibandingkan dengan rokok tembakau lainnya. Namun, jika dikonsumsi secara rutin tentu tak kalah berbahaya dengan rokok kretek. Semua rokok tembakau sangat berpotensi menyebabkan serangan jantung, kanker paru-paru, gangguan kehamilan, impotensi dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

(Via Run News)

Comments

Comments are closed.