Rokok Elektrik Sebabkan Gagal Ginjal Akut, Ini Kata Akademisi

By Vape Magz | News | Selasa, 8 November 2022

Akademisi Farmasi, Emran Kartasasmita mengatakan produk tembakau alternatif yang disebut-sebut turut menyebabkan gagal ginjal akut seperti pada kasus obat batuk sirup seperti yang ramai diberitakan beberapa waktu ini masih samar. Pasalnya, hal tersebut belum ada pembuktian yang akurat mengenai keterkaitan antara rokok elektrik dan penyakit gagal ginjal akut.

Propilen Glikol (PG) yang terdapat pada cairan rokok elektrik itu berbeda dengan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) pada kasus obat sirop yang sedang ramai dibicarakan.

“Jadi saya kira tidak mungkin ke dalam suatu produk yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia ya, termasuk obat, termasuk mungkin rokok elektrik formulanya sengaja ditambahkan EG dan DEG. itu sebenernya ga mungkin, mengapa? Karena EG dan DEG itu sendiri, nyata-nyata itu adalah bahan yang beracun,” kata Emran kepada Vapemagz, Minggu (6/11/2022).

Emran mengatakan, di dalam propelin glikol dan griserol itu bisa ada atau dimungkinkan adanya cemaran EG dan DEG. Artinya, hal tersebut bukan atas tindakan disengaja dengan ditambahkannya EG dan DEG, namun formulasi yang mungkin menggunakan propelin glikol menggunakan griserol. Propelin glikol dan griserolnya itu dimungkinkan ada mengandung EG dan DEG sebagai cemaran. 

Lebih lanjut, Emran menuturkan EG dan DEG masing-masing ada batasannya, yakni 0.01%. Sehingga jika kurang dari itu atau sama persis pada itu menurutnya masih diperbolehkan.

“Tapi jika melebihi 0.01%, untuk masing-masing EG dan DEG, itu tidak boleh. Artinya kalo bahan tersebut, dalam hal ini propelin glikol dan griserol itu mengandung EG dan DEG melebihi kadar tersebut, yang dipersyaratkan dalam Farmakope, maka bahan tersebut sudah tidak memenuhi kriteria Farmakope. Artinya tidak boleh digunakan untuk pembuatan obat,” katanya.

“Kalo kita lihat pemberitaan di beritaan di media, kejadian acute kidney injury itu menimpanya anak-anak, kebanyakan ya. Saya kira, anak-anak seumuran segitukan tidak mengkonsumsi rokok elektrik ya. Ya, menurut saya sih saat ini jika melihat hal itu, belum tentu ada kaitannya atau kecil kemungkinan ada kaitannya,” pungkasnya.

Comments

Comments are closed.