Rokok dengan Harga Murah Marak di Masyarakat

By Vape Magz | News | Selasa, 1 November 2022

 

Fenomena rokok murah mulai membanjiri pasar di tengah sinyal kenaikan cukai rokok dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2023.

Tak hanya dari golongan kretek, rokok murah ini juga diproduksi oleh perusahaan kenamaan. Jika menilik di berbagai toko klontong, beberapa merek rokok murah yang tersedia terpampang sangat jelas pada display penjualan. Beberapa nama seperti Terbit, Diablo, City Lite, dan lainnya. Harganya pun beragam, dibandrol mulai dari harga Rp 7.000 hingga Rp 14.000.

Terlepas dari beberapa rokok murah yang membanjiri pasar, Kemenkeu mengisyaratkan kenaikan cukai rokok tahun depan bisa tembus di atas 12 persen. Tahun ini, cukai rokok naik 12 persen berkaca pada pertumbuhan ekonomi 2021 lalu yang hanya 3,69 persen. Imbasnya, harga jual eceran (HJE) rokok bakal naik. Khusus tahun ini, HJE bahkan sudah naik 35 persen. Rencana ini menuai berbagai penolakan dari sejumlah pengusaha dan ekosistem tembakau. Kekhawatiran yang muncul adalah, tenaga kerja, kesehatan, dan kemunculan rokok ilegal.

 

Via cnnindonesia.com

Comments

Comments are closed.