Resmi! FDA Larang Penjualan Pod Device Jull Karena Masalah Keamanan

By Vape Magz | News | Jumat, 24 Juni 2022

Ilustrasi vaping (sumber foto : www.pexels.com)

Vapemagz – Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) melarang penjualan dan pemasaran rokok elektrik atau vape Juul Labs Inc. Pelarangan tersebut dilakukan berdasarkan analisis FDA terkait tidak adanya bukti keamanan penggunaan bahan kimia dalam vape produksi Juul.

Komisaris FDA, Robert M.Califf mengatakan, FDA harus menghentikan penjualan device Jull dan empat jenis pod cair termasuk pod rasa tembakau Virginia karena tidak memenuhi standar kesehatan.

“Tindakan hari ini merupakan kemajuan lebih lanjut dari komitmen FDA untuk memastikan bahwa semua produk sistem pengiriman e-rokok dan nikotin elektronik yang saat ini dipasarkan ke konsumen memenuhi standar kesehatan masyarakat kami,” jelas dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Detik.com, Jumat (24/6/2022).

FDA beralasan, Juul tidak memiliki bukti untuk terus menjual produknya dengan alasan bahan kimia yang digunakan akan memiliki kadar yang tepat untuk perlidungan kesehatan masyarakat. Hal ini lantaran mewajibkan seluruh perusahaan rokok elektrik dan vaping mengajukan aplikasi pemasaran produk mereka pada 2020 lalu.

Tak hanya itu, FDA juga melarang pod jus rasa buah dan mint yang digunakan dalam rokok elektrik dan produk vaping, larangan ini tetapi tidak berlaku untuk mentol dan produk rasa tembakau.

Sementara September lalu, FDA melarang ratusan ribu penjualan vape atau rokok elektronik, tetapi tidak termasuk Juul lantaran adanya kecaman terkait daya tarik tinggi pada vapers atau pengguna vape remaja.

“Penghapusan produk Juul oleh FDA, menolak aplikasi perusahaan untuk terus menjual perangkat vaping dan pod rasa mentol dan tembakau, sudah lama tertunda,” kata Erika Sward, asisten wakil presiden advokasi nasional Asosiasi Paru-paru Amerika.

“Juul sebagian besar bertanggung jawab atas epidemi vaping kaum muda,” kata Sward. “Tidak ada perusahaan dan tidak ada produk yang secara terang-terangan mengabaikan kesehatan anak-anak kita dan kesehatan masyarakat yang boleh tetap ada di pasar,” sambungnya.

John Banzhaf III, seorang profesor hukum kepentingan publik Universitas George Washington yang telah lama mengupayakan regulasi perangkat vaping yang lebih ketat, mengatakan pemasaran Juul kepada anak-anak kemungkinan memengaruhi larangan FDA.

“Promosi Juul ditujukan kepada anak-anak, dan saya pikir itulah salah satu alasan FDA mengejar mereka terlebih dahulu,” kata Banzhaf. “Ini benar-benar senjata pembuka. Akhirnya mereka akan pergi, atau hampir semua, rokok elektrik,” pungkasnya.

Comments

Comments are closed.