Profesor Asal Korea Menyatakan HnB Sama Berbahaya Seperti Rokok Konvensional

By Bayu Nugroho | News | Senin, 4 Maret 2019

Berbicara di sebuah konferensi pers tentang penghentian merokok pada hari Selasa lalu, Profesor Kim Dae-jin, mengatakan bahwa perangkat HnB telah menjadi batu loncatan bagi penghentian merokok. “Heat-not-burn mirip dengan rokok konvensional dalam urusan nikotin, karena mereka juga mengantarkan nikotin ke otak,” katanya.

“Konsumsi nikotin adalah masalah serius. Orang tidak boleh berpikir bahwa nikotin adalah zat yang relatif aman. Kecanduan nikotin adalah penyakit otak. Selain itu, merokok adalah gangguan penggunaan tembakau kronis yang menyebabkan ketergantungan nikotin,” tambah Kim.

Korea Biomedical Review
Kim Dae-jin, seorang profesor di departemen psikiatri di Rumah Sakit St. Mary Seoul, berbicara selama konferensi pers di Seoul, Selasa. Kim menekankan bahwa orang yang ingin berhenti merokok harus mendapatkan bantuan medis, karena menurut penelitiannya hal ini meningkatkan peluang keberhasilan penghentian menjadi 17-26 persen, dari hanya 4 persen.

Sayangnya, ada beberapa kekurangan dengan pernyataan profesor. Pertama, meskipun kecanduan nikotin itu nyata, penelitian telah menunjukkan bahwa bukan itu yang membuat perokok gemar merokok, jika ini masalahnya bagaimana patch nicotine akan lebih baik? Penelitian telah menunjukkan bahwa ada komponen perilaku untuk kecanduan ini. Sebagian besar perokok terutama kecanduan merupakan seorang perokok. Inilah sebabnya, penelitian telah menemukan vape adalah alat penghentian merokok yang paling efektif hingga saat ini, karena mereka meniru tindakan ini.

Selain itu, Dae-jin kehilangan poin penting. Meskipun nikotin bersifat adiktif, tidak beracun, bahan kimia lain dalam rokok adalah nikotin. Penelitian terus menunjukkan bahwa beralih dari merokok menjadi vaping atau menggunakan alternatif lain yang lebih aman seperti perangkat HnB, meminimalkan tingkat racun yang dihisap lebih dari 90 persen. Oleh karena itu dari sudut pandang pengurangan dampak buruk dan kesehatan masyarakat, orang yang beralih menggunakan perangkat dari rokok yang mudah terbakar, harus dianggap sebagai kemenangan besar.

(Via Korea Biomedical Review)

Comments

Comments are closed.