Produk Vaping dan Limbahnya

By Vape Magz | News | Minggu, 30 Januari 2022

Laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) baru-baru ini menyatakan bahwa lebih dari 17 juta unit rokok elektrik dijual di toko ritel pada tahun 2020, atau dengan kata lain ratusan juta perangkat atau komponen vape dibuang sia-sia. Bagaimana cara vapers membuang produk mereka dengan cara yang paling berkelanjutan dan aman bagi lingkungan?

Pembuangan yang aman menjadi rumit
Artikel Earth 911 mencantumkan sejumlah komponen yang membuat pembuangan yang aman menjadi rumit karena:

a. Sebuah kartrid yang menampung e-liquid
b. E-liquid yang mengandung propilen glikol, penyedap rasa, dan nikotin atau THC
c. Alat penyemprot yang memanaskan cairan
d. Sebuah mikroprosesor
e. Baterai isi ulang (biasanya lithium-ion)
f. Sebuah sensor
g. Sebuah lampu LED
h. Sebuah corong yang mengaktifkan perangkat saat pengguna menghirup vape
Secara alami, komponen ini menimbulkan masalah daur ulang, namun secara teoritis seseorang dapat memisahkan komponen elektronik dan membawanya ke fasilitas yang menerima limbah elektronik.

Bahan kimia beracun

Mengingat bahwa sebagian besar e-liquid mengandung nikotin, idealnya mereka tidak dibuang ke tempat sampah, tempat sampah daur ulang, atau saluran pembuangan, karena dapat mencemari sistem air dan/atau meracuni beberapa organisme dalam air. Adapun cairan elektronik lainnya mungkin juga mengandung minyak THC yang sangat lengket, yang membuat daur ulang hampir tidak mungkin dilakukan.

Berkaitan dengan hal tadi, masalah lainnya adalah baterai Lithium-ion. Mereka diklasifikasikan sebagai limbah berbahaya dan perlu ditangani dengan benar. Dalam kondisi tertentu, baterai lithium-ion dapat terbakar atau meledak, sehingga pembuangan yang tidak tepat dapat membahayakan konsumen dan pekerja sanitasi.

Namun jangan khawatir, Earth 911 telah menawarkan panduan tentang pembuangan limbah elektronik, yakni:

Opsi Daur Ulang

TerraCycle menawarkan daur ulang vape melalui kotak Zero Waste mail-in mereka. Namun, kotak-kotak ini tidak akan benar-benar meninggalkan Anda tanpa limbah vape. Mengingat TerraCycle tidak menerima baterai lithium-ion atau bahan beracun, adapun mereka juga tidak menerima kartrid. Dengan mengesampingkan sedikit limbah vape, biaya untuk kotak Zero Waste mereka adalah $135.

Sangat sedikit penjual produk vaping yang menawarkan produk gratis dengan imbalan vape atau kartrid yang dikembalikan untuk didaur ulang. Mengingat banyak penjual yang sering kehilangan uang pada program semacam itu, itulah sebabnya para penjual ini tidak menawarkan program yang dimaksud.

Pilihan lainnya adalah menyerahkan vape ke Drug Enforcement Agency (DEA). DEA menyelenggarakan acara pengambilan kembali obat resep untuk mencegah penyalahgunaan obat resep. Pada tahun 2020, mereka menambahkan vape dan kartrid ke daftar bahan yang mereka terima. Namun program tersebut tidak menerima baterai lithium-ion. Cari database daur ulang Earth 911 untuk menemukan lokasi daur ulang baterai lithium-ion di dekat Anda — cukup masukkan kode pos Anda.

Saran FDA tentang Pembuangan Vape

FDA menyatakan bahwa semua limbah e-rokok dan limbah e-liquid harus ditangani sebagai limbah berbahaya rumah tangga (Household Hazardous Waste – HHW). Dengan demikian, mereka menawarkan panduan sebagai berikut:

  1. Periksa sumber daya negara bagian dan lokal terkait peraturan dan tempat pengumpulan limbah berbahaya.
  2. Segel vape bekas dan simpan tidak lebih dari 90 hari sebelum dibuang.
  3. Jangan membilas e-liquid dari kartrid — karena akan mencemari air.
  4. Hindari e-liquid pada kulit, karena bisa menjadi racun.
  5. Jauhkan vape dari anak-anak dan hewan peliharaan — nikotin bisa menjadi racun.
  6. Temukan lokasi pembuangan HHW di dekat Anda.

Gunakan Suara Anda Untuk Meminta Solusi

Pada akhirnya, tanggung jawab pembuangan vape yang tepat jatuh pada konsumen. Apa yang bisa Anda lakukan? Jika merek favorit Anda tidak menawarkan program pengembalian untuk mendaur ulang produk vape bekas mereka, mintalah perusahaan untuk menyediakannya. Anda juga dapat memulai petisi atau menghubungi perwakilan kota dan negara bagian Anda dan memberi tahu mereka bahwa Anda mendukung undang-undang  yang mewajibkan produsen untuk mendukung daur ulang produk yang mereka buat di akhir masa pakainya. Ingat! Suara Anda dapat membantu membuat perbedaan.

 

(Via vapingpost.com)

 

Comments

Comments are closed.