Pria Asal Burlington Menderita Pneumonia Akibat Likuid Vape Jalanan

By Bayu Nugroho | News | Senin, 29 Juli 2019

Kejadian mengerikan melanda pria asal Burlington, Wisconsin, AS, setelah dirinya vaping dari sebuah cartridge yang berisi tetrahydrocannabinol (THC), sebuah zat utama psikoaktif ganja.

Pria yang tidak mau disebutkan namanya, mengaku dirinya membeli cartridge tersebut di jalanan. Dan kini pria berusia 26 tahun tersebut mengalami kondisi kritis karena menderita pneumonia. Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus ataupun jamur. Penyakit pneumonia menyebabkan kantung-kantung udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru membengkak dan terisi cairan.

Kondisinya kemudian memburuk. Dalam 24 jam, ia dibius dan mengalami koma yang diinduksi secara medis di Aurora Memorial Hospital.

“Vape jalanan ini sangat, sangat berbahaya. Saudaraku hampir kehilangan nyawanya. Trauma yang dia sebabkan ke paru-parunya signifikan, trauma yang dia sebabkan ke jantung sangat signifikan,” saudara lelaki korban, Patrick DeGrave, mengatakan kepada Fox 6.

FOX6
Patrick DeGrave, adik korban, menunjukkan catridge dengan merek DANK Vapes yang berisi THC berbahaya.

Sebuah studi yang dilakukan tahun lalu di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins menemukan bahwa ganja bisa memberikan pengguna efek yang terasa lebih memabukkan dalam bentuk likuid vape daripada merokok atau obat psikoaktif.

Tiga orang lainnya sedang dirawat di rumah sakit yang sama karena diduga mengalami efek terkait vaping. Sementara di kota Milwaukee, delapan remaja telah dirawat di rumah sakit dengan kerusakan paru-paru yang diyakini terkait dengan vaping.

(Via News Week / FOX6)

Comments

Comments are closed.