Polisi Bongkar Pabrik Liquid Tembakau Gorilla di Bekasi

By Vapemagz | News | Senin, 7 September 2020

Polres Metro Jakarta Pusat membongkar sindikat pembuatan tembakau gorilla dalam bentuk liquid di kawasan Jati Asih, Bekasi. Pelaku adalah seorang pemuda berinisial F (21).

Penangkapan ini bermula dari informasi aparat yang mencurigai adanya paket berisi narkoba. Kanit II Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat, Iptu Dewa Ayu Santi menuturkan polisi menemukan sejumlah alat produksi liquid tembakau gorilla.

Petugas menyita 105 botol narkoba berukuran 5 mililiter, kompor portabel, hand mixer, mesin pres, timbangan digital, gelas ukur, dan stiker polonium. F mengaku sudah tiga bulan meracik liquid narkoba ini yang dipelajarinya secara otodidak.

“Kami juga amankan 1 plastik berisi serbuk warna coklat muda seberat 156,76 gram (bahan baku),” jelas Santi, 2 September 2020.

Stop narkoba

Santi menambahkan, pemasaran narkoba ini melalui media online seperti Instagram. “Langsung dia yang pasarkan lewat Instagram. Ada beberapa akun yang ia kelola,” ucap Santi.

Dalam sepekan, F bisa memproduksi 150 sampai 200 botol ukuran 5 miligram. Harga jual berkisar Rp300 ribu hingga Rp400 ribu.

Santi menjelaskan, liquid ini memiliki efek yang sangat parah daripada ganja biasa. “Efeknya lebih parah karena ini sintetis. Bisa juga menyebabkan kematian kalau dikonsumsi berlebih,” kata Santi.

Kepolisian masih memburu kemungkinan adanya pelaku lainnya. F dijerat pasal 114 pasal 113 dan Permenkes no 5 Tahun 2020 pasal 119, dengan ancaman hukuman paling singkat 6 tahun hingga 20 tahun.

(Via Medcom)

Comments

Comments are closed.