Perusahaan Asing Mendominasi Pasar Rokok Iran

By Bayu Nugroho | News | Senin, 24 Mei 2021

Berbicara dalam jumpa pers pada 17 Mei, CEO Iranian Tobacco Co. (ITC) Siavash Afzali mengatakan bahwa Japan Tobacco International (JTI) dan British American Tobacco (BAT) menguasai lebih dari 61 persen penjualan dan sekitar 70 persen dari nilai pasar rokok di Iran. Afzali memperkirakan JTI dan BAT memasok 46 miliar batang rokok ke konsumen Iran hingga akhir Maret.

Afzali mengatakan pangsa pasar ITC sekitar 9 miliar batang rokok selama periode yang sama, berbanding jauh dengan jumlah impor mencapai 20 miliar rokok yang masuk ke pasar oleh para pedagang.

Mulai awal tahun hingga Maret, ITC meningkatkan penjualan rokoknya di Iran sebesar 50 persen. Pangsa pasarnya meningkat sebesar 70 persen, selama periode yang sama.

WIBX 950
Namun, perusahaan tersebut hanya bertanggung jawab atas 5 persen dari nilai rokok yang dijual di Iran, pasar yang diyakini bernilai sekitar IRR 400 triliun (Rp 136,3 triliun).

Afzali mengatakan bahwa ITC dapat melipatgandakan produksinya menjadi 25 miliar batang per tahun, meskipun dia bersikeras bahwa undang-undang yang ada hanya mendukung manufaktur lokal dengan merek asing.

“Perusahaan asing dengan mudah mengimpor bahan baku dan menguasai pasar. Tapi, ITC menghasilkan lebih banyak pekerjaan lokal daripada perusahaan multinasional. ITC mempekerjakan 12.000 orang, jauh lebih banyak daripada JTI dan BAT,” kata Afzali.

(Via PressTV)

Comments

Comments are closed.