Perokok Wajib Baca, Abu Rokok Bisa Digunakan Untuk Suburkan Tanaman

By Bayu Nugroho | News | Sabtu, 22 Mei 2021

Sisa abu rokok yang ditinggalkan perokok banyak bertebaran di sekitar kita. Tapi tahukah kalian bahwa abu rokok mempunyai manfaat untuk tanaman?

Mengutip kanal YouTube Channel Nya Kang Japra, Jumat (21/7/2019), kandungan racun yang dihasilkan dari pembakaran rokok ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir hama pada tanaman. Tak hanya bisa mengusir hama saja, ternyata abu rokok bisa juga digunakan untuk menyuburkan tanah atau media tanam, membuat bibit tahan lama, serta mengusir ulat.

Youtube / Channel Nya Kang Japra
Cara penggunaan abu rokok hanya untuk bagian atas media tanam saja, jangan sampai terkena batang atau daun tanaman. Kalian bisa gunakan abu rokok ini dua minggu sekali untuk mendapatkan tanaman bebas hama. 

Menurut Kang Japra abu rokok bermanfaat untuk tanaman, karena masih adanya kandungan nikotin yang menyengat. Bau menyengat inilah yang tidak disukai beberapa hama, khususnya kutu putih, sehingga bisa mencegah hama muncul di tanaman. Selain itu, abu rokok juga memiliki kandungan unsur kalium sehingga mempengaruhi kesuburan media tanam.

(Via Kompas / Youtube)

Comments

Comments are closed.