Penyelundupan Rokok di Selandia Baru Akan Memburuk, Jika Vape Tidak Dipromosikan Pemerintah

By Bayu Nugroho | News | Minggu, 4 Juli 2021

Jika Smokefree Action Plan tidak secara memadai mengangkat vape sebagai alternatif yang jauh lebih aman, maka penyelundupan rokok akan menjadi masalah yang serius di perbatasan Selandia Baru, klaim seorang advokat terkemuka Tobacco Harm Reduction.

Komentarnya mengikuti berita investigasi yang mengungkapkan bahwa Bea Cukai berhasil menyita sekitar 125.000 rokok selundupan dan 155 kilogram tembakau setiap bulan.

Bea Cukai Selandia Baru menggambarkan tembakau sebagai pasar yang menguntungkan. Faktanya, tembakau dianggap delapan kali lebih menguntungkan daripada kokain dan banderol harga rokok legal di Selandia Baru paling mahal di dunia.

David White
Kepala investigasi bea cukai Bruce Berry mengatakan kelompok kejahatan terorganisir menggunakan rute pasokan yang sama untuk rokok ilegal dan metamfetamin.

“Dengan semakin ketatnya pemerintah terhadap imbauan dan ketersediaan rokok legal, dikhawatirkan akan semakin banyak penyelundupan rokok ilegal. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila perokok didorong untuk beralih ke produk nikotin yang lebih aman,” kata Nancy Loucas, Wakil Direktur Aotearoa Vapers Community Advocacy (AVCA).

(Via Stuff)

Comments

Comments are closed.