Peneliti Nilai Vape Dapat Kurangi Risiko Kesehatan Akibat Merokok

By Vape Magz | News | Selasa, 28 Juni 2022

 

Ilustrasi vaping (sumber foto : www.Instagram.com)

Vapemagz – Pengurangan pravelensi merokok konvensional merupakan tren yang kian populer untuk berhenti merokok. Hal ini tercermin dar pemakaian produk rokok elektrik seperti vape, tembakau yang dipanaskan (HTP), dan snus yang semakin meningkat dan menarik perhatian pemerintah di berbagai belahan dunia.

Global Tobacco Harm Reduction 2021 mencatat, jumlah vapers global yang semula 68 juta pada 2020 meningkat jadi 82 juta pengguna di 2021. Maka demikian, informasi yang akurat bagi regulasi tembakau alternatif sangat dibutuhkan untuk mendukung industri yang tengah berkembang.

Pakar kesehatan mancanegara Dr Alex Wodak mengatakan bahwa produk alternatif yang terdiri dari vape, tembakau yang dipanaskan (HTP), snus, dan kantong nikotin sebagai sebuah inovasi disruptif yang dapat mengurangi dampak buruk kesehatan.

“Saya telah melakukan analisis di laboratorium yang bersertifikasi. Hasilnya menyatakan bahwa rasa tembakau adalah yang paling kompleks karena mengandung sebanyak 60–70 senyawa individu. Sementara senyawa yang terkandung pada rasa vape lain pada umumnya hanya sebanyak 10 senyawa individu,” kata Alex dalam siaran pers, Jumat (24/6/2022).

Menurutnya, berbagai regulasi yang melarang varian rasa vape untuk dijual di publik berawal dari ketidaktahuan publik mengenai kandungan dari varian rasa vape itu sendiri.

“Kami mengklarifikasi bahwa varian rasa tidak menargetkan anak-anak, melainkan menjadi pilihan pengguna vape dewasa seperti saya sendiri,” tegasnya.

Sementara pada dalam negeri, Ketua Asosiasi Vapers Indonesia (AVI), Johan Sumantri mengaku industri yang berkembang ini membutuhkan penelitian yang lebih banyak untuk mendukung pemahaman publik serta formulasi kebijakan yang lebih akurat.

Dia berharap untuk menyamakan komitmen komunitas, industri, dan pemerintah dari sisi sistem dan regulasi. Sebab, sinkronisasi misi menjadi awalan yang penting dalam mencapai tujuan bersama.

“Kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah, pelaku usaha, konsumen, akademisi dan juga organisasi masyarakat dalam sinkronisasi menjadi penting untuk penyusunan kebijakan yang tepat dan berbasis bukti ilmiah. Hal ini guna mendukung perokok dewasa yang sulit berhenti merokok untuk beralih ke produk tembakau alternatif yang lebih rendah risiko,” tutupnya.

Comments

Comments are closed.