Pemkot Makassar Tengah Rencanakan Pembatasan Area Merokok Dan Iklannya

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 15 Januari 2021

Memasuki pertengahan bulan Januari, Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin berkeinginan membatasi kawasan merokok beserta iklannya. Hal ini dikarenakan kota Makassar ingin menjadi kota ramah lingkungan khususnya bagi bukan perokok.

“Makassar tentu tidak ingin tertinggal dalam hal bagaimana berkontribusi untuk menciptakan suatu kota yang ramah lingkungan, dalam hal ini bagaimana warga kita yang tidak merokok tidak terganggu dengan orang-orang yang merokok,” ujar Rudy dalam keterangannya di Makassar, Rabu (13/1/2021).

Menurut Rudy permasalahan polusi asap rokok di ruang publik merupakan isu global yang biasanya dialami kota besar, termasuk Makassar. Rudy dalam waktu dekat ingin menyediakan sebuah area khusus merokok serta kawasan bebas asap rokok.

Quipper
Zona dekat sekolah dan kampus merupakan area dalam rencana kawasan bebas asap rokok.

Langkah pertama yang akan dijalankan Rudy adalah meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggodok aturan yang membatasi kawasan merokok.

“Siapkan zona-zona merokok yang jelas. Kemudian di fasilitas (yang bebas asap rokok) itu siapkan papan-papan bicara, bahwa disini kawasan tanpa rokok. Kami minta regulasi yang mengatur tentang bagaimana kawasan tanpa rokok, termasuk masalah periklanan rokok,” tambah Rudy.

(Via Detik)

Comments

Comments are closed.