Pemerintah Mexico Larang Penjualan Vape Untuk Masyarakat, Apa Alasannya ?

By Vape Magz | News | Kamis, 2 Juni 2022

Bendera Negara Mexico (sumber foto : www.pexels.com)

Vapemagz – Pemerintah Meksiko resmi mengeluarkan larangan penjualan rokok elektronik (vape) dan produk vape lainnya pada Selasa (31/5/2022). Kebijakan yang menimbulkan pro-kontra ini diambil karena kekhawitaran tentang efek vaping dari sisi kesehatan.

Presiden Mexico, Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan, kebijakan yang melarang penjualan vape itu diambil sekaligus mengklarifikasi ‘kebohongan’ yang mengklaim bahwa rokok elektrik adalah alternatif yang aman, ketimbang merokok konvensional.

“Uapnya juga berbahaya bagi kesehatan,” tambah Lopez Obrador yang menandatangani dekrit yang memperkenalkan larangan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dilansir AFP, Kamis (2/6/2022).

Dia menerangkan, penyebab vape digemari saat ini oleh sebagian remaja di Mexico lantaran pengemasannya yang menarik. Sebagai ilustrasi, tampilan dan desain vape seringkali dibuat dengan warna yang ciamik.

“Lihat warnanya, desainnya,” kata Lopez Obrador. Maka demikian, Meksiko melarang impor dan ekspor perangkat dan peralatan vape pada Oktober tetapi perusahaan terus menjual inventaris mereka,” terangnya.

Tak hanya vape saja yang dilarang, Otoritas Mexico City juga mengumumkan bahwa penggunaan semua jenis rokok juga dilarang di alun-alun utama ibu kota, Zocalo, dan daerah sekitarnya di distrik bersejarah yang sibuk.

Otoritas setempat mengklaim langkah itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan risiko kesehatan. Sebab, merokok juga telah dilarang di ruang tertutup, kantor pemerintah, toko, bar, dan restoran selama lebih dari satu dekade dengan pengecualian tempat hiburan tertentu.

Comments

Comments are closed.