Pemerintah Malaysia Tunda Kenaikan Harga Vape Hingga Penelitan Lebih Lanjut

By Vapemagz | News | Rabu, 24 Oktober 2018

Harga vape dan perlengkapan rokok elektrik untuk sementara tidak dinaikkan, meski ada kenaikan harga rokok konvensional. Hal itu disampaikan oleh Datuk Saifuddin Nasution, Menteri Perdagangan Domestik dan Keperluan Konsumen Malaysia. Menurutnya, harga vape dan perlengkapan rokok elektrik tidak mengalami kenaikkan, hingga penelitan lebih lanjut.

“Saya sedang mempertimbangkan untuk menaikkan harga vape dan produk rokok elektrik lainnya. Tapi kami harus melihat aturan dan lisensi penggunannya. Saat ini, saya tidak bisa memberi jawaban terkait kenaikkan harga vape dan keperluannya,” ujar Saifuddin.

Jason Lee/Reuters
Malaysia menunda kenaikkan harga vape dan perlengkapannya hingga penelitian lebih lanjut.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga tengah mengkoordinasi kenaikkan harga produk tembakau, termasuk rokok konvensional. Menurut data, setiap tahunnya penduduk Malaysia mengkonsumsi sekitar 17 miliar batang rokok, dimana sekitar 60 persennya merupakan produk selundupan.

“Ini merupakan kerugian besar bagi pemerintah. Negara dapat meraup pajak cukai sekitar 4 miliar RM dari rokok ini,” kata Saifuddin. Dirinya mengakui tengah menjalin komunikasi dengan Departemen Cukai dan pihak berwajib untuk mencegah penyelundupan.

“Perusahaan tembakau telah sepakat dan akan bekerja sama untuk mencegah penyelundupan dengan mengidentifikasi produk selundupan di pelabuhan dan titik masuk negara. Kami akan melakukan observasi berkelanjutan untuk mencegah penyelundupan rokok,” kata Saifuddin.

(Via The Star)

Comments

Comments are closed.