Pemerintah Inggris Minta Warga Ganti Rokok dengan Vape

By Vape Magz | News | Selasa, 11 April 2023

Pemerintah Inggris menyatakan pada Selasa (11/4/2023), sekitar satu juta perokok akan didorong untuk menukar rokok dengan vape. Sedangkan bagi perempuan hamil ditawarkan insentif keuangan untuk melakukan perubahan kebiasaan merokok. 

“Dua dari tiga perokok seumur hidup akan mati karena merokok. Rokok adalah satu-satunya produk yang dijual yang akan membunuh Anda jika digunakan dengan benar,” kata Menteri Kesehatan Neil O’Brien dalam pidato Selasa malam.

Aturan rekomendasi ini akan menjadi yang pertama di dunia. Departemen Kesehatan Inggris (DoH) menyatakan, di bawah skema tersebut, hampir satu dari lima perokok akan diberikan sepaket vape bersama dengan dukungan untuk membantu berhenti merokok. Perempuan hamil juga akan ditawarkan voucher untuk membantu menghentikan kebiasaan tersebut. Upaya ini sebagai bagian dari target pemerintah untuk mengurangi jumlah perokok menjadi lima persen atau kurang dari jumlah sekarang 13 persen.

“Kami akan menawarkan satu juta perokok bantuan baru untuk berhenti. Kami akan mendanai skema ‘swap to stop‘ nasional yang baru, yang pertama dari jenisnya di dunia,” ujar O’Brien.

DoH menyatakan, rata-rata tingkat merokok di seluruh dunia lebih tinggi daripada di Inggris. Namun tembakau masih menjadi penyebab kematian dan penyakit tertinggi yang dapat dicegah di negara tersebut.

Pemerintah Inggris telah menghabiskan 68 juta pound pada 2021-2022 dalam penyusunan langkah-langkah otoritas lokal untuk membuat orang berhenti merokok. Tindakan ini berhasil mengajak 100 ribu perokok berhenti dan mengurangi beban pada Layanan Kesehatan Nasional Inggris yang kewalahan pada saat itu. Tapi, vape pun mendapat kritik dan pejabat kesehatan telah memperingatkan popularitasnya. Pada kalangan anak-anak, vape membuat mereka terpapar bahan kimia yang efek jangka panjangnya tidak jelas. Adapun angka layanan kesehatan menunjukkan sembilan persen anak usia 11 hingga 15 tahun di Inggris telah menggunakan rokok elektrik pada 2021, naik dari enam persen dari tiga tahun sebelumnya. Pemerintah mengatakan, akan membentuk pasukan penegak hukum yang didukung dana tiga juta pound untuk mencegah penjualan ilegal vape di bawah 18 tahun.

Comments

Comments are closed.