Pemerintah Australia Rilis Informasi Tentang Pertanyaan Ilmiah Rokok Elektrik

By Bayu Nugroho | News | Minggu, 11 Agustus 2019

Negara Australia sampai saat ini masih diliputi kebingungan atas penggunaan rokok elektrik. Perangkat rokok elektrik dianggap legal, namun penggunaan isi ulang likuid bernikotin tidak diperbolehkan. Anggota parlemen liberal Australia sudah lama berusaha untuk mengubah larangan vaping di Australia, namun belum menemui hasil.

Bulan Agustus 2016 lalu, beberapa aktivis kesehatan masyarakat mengajukan proposal keberatannya ke regulator lokal yakni Therapeutic Goods Administration (TGA), untuk menghapuskan konsentrasi nikotin di bawah 3,6 persen dari standar racun. Namun, sayangnya proposal tersebut di tolak oleh TGA pada bulan Februari 2017, karena larangan tersebut memang untuk menyempitkan ruang vapers untuk bisa vaping.

Nils Stahl / Unsplash
ATHRA berusaha menawarkan solusi sebagai bahan pertimbangan pemerintah Australia untuk mengubah aturan rokok elektrik.

Sementara Australian Tobacco Harm Reduction Association (ATHRA) menawarkan beberapa rekomendasi untuk pemerintah Australia terkait permasalahan nasional ini. Berikut saran ATHRA kepada Menteri Kesehatan Australia untuk mempertimbangkan tiga masalah utama:

1. Pertimbangan pertama adalah rokok elektrik bisa membawa manfaat kesehatan masyarakat. Pertanyaan yang mendasar “Apakah secara keseluruhan efek dari vaping ini akan mempengaruhi seluruh kesehatan masyarakat? Apakah potensi manfaat vaping jauh lebih besar ketimbang potensi bahaya pada tingkat populasi Australia? Ini menjadi masalah utama untuk pembuatan kebijakan rokok elektrik.

2. Adapun sebuah pertimbangan yang etis. Sebagai contoh, bagaimana seharusnya hak-hak perokok dewasa mencari sebuah alternatif yang lebih aman selain merokok tembakau, daripada risiko vaping pada remaja? Apakah pantas melarang vaping yang mempunyai risiko jauh lebih rendah daripada mengizinkan penjualan rokok tembakau yang sudah terbukti memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan?

3. Lalu, model regulasi mana yang mungkin untuk mengoptimalkan dampak kesehatan masyarakat dari vaping:
● Penjadwalan ulang nikotin.
● Bagaimana seharusnya vaping diklasifikasikan: produk konsumen, produk tembakau, produk terapi, atau kombinasi semuanya?
● Masalah peraturan khusus: penjualan, pembuatan, impor, distribusi, penggunaan, desain produk termasuk bahan-bahan likuid, dan emisi, iklan / promosi / sponsor, perpajakan, label  peringatan kesehatan dan standar keselamatan anak.
● Strategi untuk meminimalkan dampak kesehatan masyarakat yang merugikan.
● Regulasi proporsional risiko.

(Via ATHRA)

Comments

Comments are closed.