Menilik Peluang Disposable Terhadap Industri Vape Lokal

By Vape Magz | News | Minggu, 9 Oktober 2022

Kehadiran disposable di Indonesia bagaikan pisau bermata dua. Selain menjadi berkah untuk konsumen dengan segala kemudahannya, disposable juga menjadi petaka untuk pelaku industri vape lokal. Kritik dan aksi melawan disposable terus bermunculan hingga saat ini, banyak pelaku industri vape yang ketakutan akan ancaman disposable terhadap usaha mereka. 

Kekhawatiran yang dialami UMKM ini patut untuk dimengerti, mengingat disposable memang menjadi persoalan yang nyata di antara mereka. Terlebih dengan kemudahan yang ditawarkan disposable, dapat diperkirakan bahwa disposable akan menjadi pilihan banyak orang. Namun jika dilihat secara mendalam dari kemungkinan ini, dapat Vapemagz katakan bahwa disposable bisa menjadi peluang untuk para pelaku industri vape lokal. Yang mana komponen-komponen yang ada di disposable bisa menggunakan produk dari dalam negeri, misalnya e-liquid, brewer dan bahkan baterai. 

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu tidaklah mudah. Semua elemen pelaku industri vape harus bergerak untuk bekerja sama dengan produsen disposable dari luar negeri.  Melobi dan bernegosiasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar e-liquid, brewer dan baterai lokal bisa menjadi salah satu komponen yang terdapat di disposable.

Regulasi yang tepat juga harus diterapkan oleh pemerintah Indonesia guna mendukung industri vape lokal. Dengan regulasi tepat yang diterapkan pemerintah terkait disposable ini, kelak akan membantu ekosistem industri vape menjadi lebih sehat. Untuk itu, mari kita terus perjuangkan industri vape lokal dengan menjadi aktif dan kreatif guna menciptakan satu forum yang diisi oleh pelaku industri lokal, pemerintah Indonesia dan produsen disposable itu sendiri. 

Hasil dari sinergi yang terjalin ini diharapkan sesuai dengan keinginan kita semua, terutama pelaku industri vape lokal. Yang mana dengan berhasilnya forum tersebut, maka pelaku industri vape lokal akan bekerja sama dengan produsen disposable dari luar negeri untuk menciptakan disposable dengan komponen buatan asli Indonesia. Yuk bantu dan dukung terus industri vape lokal kita, Vapers!!!

Comments

Comments are closed.