Patuhi Kebijakan Google, Tokopedia Putuskan Tarik Penjualan Rokok dan Tembakau di Aplikasi Android

By Vapemagz | News | Sabtu, 21 September 2019

Salah satu layanan e-commerce terkemuka di Indonesia, Tokopedia memutuskan untuk menghentikan penjualan produk-produk tembakau seperti rokok dan juga rokok elektrik (vape) di layanan aplikasi Tokopedia versi Android saja. Langkah tersebut diambil setelah adanya kebijakan baru dari Google Play, yang melarang semua developer aplikasi untuk memfasilitasi penjualan produk rokok tembakau dan juga rokok elektronik.

“Mulai 19 September 2019 nanti, produk tembakau, rokok elektrik, dan turunannya tidak lagi dapat dimunculkan pada seluruh aplikasi Tokopedia versi Android. Tokopedia telah mengambil langkah untuk mengupayakan agar produk turunan tembakau ini, tidak lagi dapat ditemukan dalam aplikasi Tokopedia di platform Android,” tulis pernyataan resmi Tokopedia.

Meski demikian, produk-produk rokok dan rokok elektrik masih bisa ditemukan di platform Tokopedia lainnya misalnya versi web browser, maupun aplikasi Tokopedia di platform iOS.

Tokopedia/INDOZONE
Produk rokok elektrik di situs e-commerce Tokopedia masih bisa diakses melalui platform web browser.

Nuraini Razak selaku VP of Corporate Communications dari Tokopedia mengatakan bahwa Tokopedia akan mematuhi kebijakan baru dari Google tersebut agar aplikasinya tidak dihapus oleh pihak Google dari Play Store. Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa Tokopedia memiliki kebijakan produk apa saja yang bisa diperjualbelikan di aturan penggunaan platform Tokopedia.

“Tim kami senantiasa secara berkala memantau produk-produk di platform kami dan menindak produk-produk yang melanggar aturan penggunaan platform Tokopedia dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia sesuai prosedur,” kata Nuraini.

“Kami juga memiliki fitur Pelaporan Penyalahgunaan dimana masyarakat dapat melaporkan produk yang melanggar, baik aturan penggunaan platform Tokopedia maupun hukum yang berlaku di Indonesia,” tambah Nuraini.

(Via Tempo)

Comments

Comments are closed.