Partai Liberal Australia Dukung Kampanye Legalisasi Vaping

By Vapemagz | News | Selasa, 4 September 2018

Para pegiat vape di Australia sedang gencar melakukan kampanye untuk mendukung legalisasi vaping di Negeri Kangguru itu. Angin segar berhembus, setelah laporan dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) menyatakan bahwa vape lebih aman ketimbang rokok.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa vape turut membantu penurunan jumlah perokok. Selain itu, CSIRO juga menyatakan teori bahwa vape sebagai jalan awal para remaja untuk merokok tidak terbukti secara ilmiah.

Vape bukanlah produk yang berbahaya. Ini adalah produk yang secara signifikan lebih aman ketimbang produk tembakau lainnya, dan ini yang selama ini kita cari,” ujar Manajer Kampanye Legalise Vaping Australia, Brian Marlow.

Saat ini, banyak vapers di Australia yang membeli produk secara online. Hal tersebut secara teknis adalah ilegal. Untuk itu, Marlow bersama rekan-rekannya mendesak parlemen Australia untuk segera melegalkan vape.

“Kami menargetkan dukungan dari pembuat kebijakan dan para politisi, karena Kementerian Kesehatan secara keras menolak vape di Australia,” ujar Marlow. Sebelumnya, Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt secara tegas menolak kehadiran vape. Bahkan Hunt meyakinkan vape akan terus ilegal selama dalam pengawasannya.

(Legalise Vaping Australia)
Salah satu sarana kampanye untuk melegalkan vaping di Australia.

Kekukuhan Hunt disesali oleh para pegiat vape seperti Marlow. “Biasanya Kementerian Kesehatan mengikuti rekomendasi dari Eropa dan Amerika, dimana mereka cukup terbuka mengenai vape. Sayangnya, dalam hal vape Kementerian kami malah berpatok pada Timur Tengah dan Asia, yang justru melarang vape,” katanya.

Beruntung, dukungan untuk melegalisasi vaping di Australia mendapat dukungan dari parlemen Australia, khususnya dari Partai Liberal. Beberapa senator yang setuju untuk merevisi aturan yang ada antara lain Cory Bernardi, David Leyonhjelm dan Dean Smith.

Anggota Parlemen Andrew Laming bahkan secara singkat menyatakan dukungan penuh terhadap vape. “Hidup itu singkat dan lebih singkat untuk perokok. Segera legalisasikan vaping,” ucap Laming.

Para aktivis vaping biasanya muncul di tiap-tiap pemilu dan kerap menemui langsung para kandidat. Mereka meyakini, bila para politisi mendukung legalisasi vaping, maka para politisi tersebut bisa memenangi pemilu lebih mudah.

(Via ABC)

Comments

Comments are closed.