Pakar Gigi Filipina Sarankan Vaping Untuk Cegah Kanker Mulut

By Bayu Nugroho | News | Minggu, 29 November 2020

Seorang ahli gigi Filipina menyarankan perokok untuk beralih ke produk vaping atau produk tembakau yang dipanaskan atau Heated Tobacco Product (HTP) sebagai tindakan pengurangan dampak buruk, karena mereka meminimalkan risiko kanker mulut.

“Kami memperingatkan pasien kami yang merupakan perokok bahwa merokok adalah penyebab utama kanker mulut dan sangat menyarankan mereka untuk berhenti merokok. Bagi mereka yang tidak dapat atau tidak ingin berhenti merokok, kami meyakinkan mereka untuk beralih ke alternatif produk nikotin lainnya,” kata Fernando Fernandez, presiden dari Philippine College of Oral and Maxillofacial Surgeons (PCOMS).

Fernandez, merupakan mantan presiden Asosiasi Gigi Filipina, mengungkapkan mendorong pasien untuk beralih ke alternatif yang lebih aman adalah strategi yang lebih baik daripada melihat pasien kami yang merokok meninggal karena kanker mulut.

Health Central
Tanda dan gejala kanker mulut seperti sakit bibir atau mulut yang tidak kunjung sembuh, muncul bercak putih atau kemerahan di bagian dalam mulut, gigi mulai lepas, muncul benjolan di dalam mulut sakit, sakit telinga dan sulit saat menelan makanan.

Dia melanjutkan dengan mengutip studi oleh Public Health England dan Parlemen Inggris Sains dan Teknologi di Inggris yang menunjukkan bahwa vaping merupakan peluang untuk secara signifikan mempercepat penurunan tingkat merokok.

(Via The Manila Times)

Comments

Comments are closed.