Pajak Cukai Harus Ditangani Dengan Bijak Di Afrika Selatan

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 4 Desember 2020

Vapour Products Association of South Africa (VPASA) memperingatkan bahwa penerapan cukai pada produk vaping di negara seperti Afrika Selatan dapat mendorong tindakan kriminal seperti maraknya perdagangan ilegal.

Dalam sebuah seri Vaping Conversations yang dipandu oleh, VPASA, mengundang Arshad Abba seorang mitra di konsultan manajemen Quantum Logik Consulting dan pemimpin studi Canback 2018 tentang vaping dan dampak ekonominya di Afrika Selatan.

Abba adalah salah satu panel pembicara terkenal yang berbagi platform dengan moderator Dr Delon Human, ketua Africa Harm Reduction Alliance (AHRA), dan sesama pembicara Profesor Donato Raponi, konsultan pajak lepas dan profesor kehormatan Pajak Eropa Hukum di Ecole Supérieure des Sciences Fiscales di Brussels, Belgia.

Istimewa
Poin-poin tertentu harus diperhatikan, sehingga pendapatan dari perpajakan bisa di batasi.

Menurut Raponi, sistem perpajakan harus cukup fleksibel untuk memperhitungkan tantangan di masa depan. Pemerintah harus mempunyai visi yang jelas tentang pertanyaan seperti produk apa yang harus dikenakan pajak, mengapa produk tersebut dikenai pajak, bagaimana pemerintah mereka memungut pajak, dan bagaimana pajak akan dikontrol.

Tentu dengan penerapan pajak cukai untuk produk vaping di Afrika Selatan bukanlah saat yang tepat. Masa pandemi Covid-19 ini malah memperburuk minat beli masyarakat dan mengancam risiko resesi ekonomi yang sudah terjadi di berbagai negara lainnya.

(Via Sunday World)

Comments

Comments are closed.