Otoritas Australia Paksa Penjualan Produk Nikotin Hanya Di Apotek

By Bayu Nugroho | News | Rabu, 11 November 2020

Sebuah proposal penting baru saja diajukan oleh pemerintah Australia kepada Therapeutic Goods Administration (TGA). Pemerintah Australia mengajukan sebuah permintaan untuk mempertimbangkan agar dapat menjual produk nikotin bebas asap hanya di apotek saja.

Berbagai reaksi muncul sejak proposal ini diketahui publik, salah satunya dari Dominique Lamb, CEO National Retailers Association (NRA). Lamb mengakui bahwa jika hal ini akan disahkan maka akan terjadi perdebatan sengit pada toserba yang sudah lebih dulu memonopoli dan juga para pengecer kecil yang banyak bergantung pada penjualan tembakau ini.

Pemerintah Autralia seakan membuat bingung bila mengingat kebijakannya bulan lalu dimana produk tembakau dianggap sangat berbahaya sehingga pemerintah memutuskan bahwa produk tersebut hanya dapat dijual di apotek, dengan resep dan kunjungan ke dokter setiap tiga bulan.

Femeconomy
Dominique Lamb: “Pemerintah jelas mendukung pengecer luar negeri seperti halnya mendukung apotek perusahaan kotak besar. Sayang sekali tidak akan mendukung bisnis kecil lokal Australia.

Lalu bulan berikutnya pemerintah akan membatalkan larangan untuk mengimpor produk vaping, jadi individu akan bebas membelinya dari dealer luar negeri dan mengirimkannya ke Australia.

Hasilnya adalah produk-produk ini nantinya akan dibatasi dengan sangat ketat, sehingga diperlakukan sebagai obat yang dikendalikan dan juga sangat siapa pun akan sulit mengimpornya. Sayangnya, otoritas lokal tampaknya mendukung Big Pharma dan pengecer asing, tetapi bukan bisnis kecil lokal.

(Via C&I)

Comments

Comments are closed.