NNA Menyambut Keputusan Estonia Untuk Menangguhkan Bea Cukai Liquid

By Bayu Nugroho | News | Jumat, 16 April 2021

NNA Smoke-free Estonia adalah organisasi afiliasi New Nicotine Alliance (NNA), yang merupakan anggota dari International Network of Nicotine Consumer Organizations (INNCO) dan European Tobacco Harm Reduction Advocates (ETHRA).

Parlemen Estonia baru-baru ini memilih untuk menangguhkan cukai atas produk liquid mulai tanggal 1 April 2021 hingga 31 Desember 2022. Penangguhan ini bertujuan untuk mengurangi perdagangan antar negara dan perdagangan gelap.

“Penangguhan pemungutan cukai akan memungkinkan penurunan harga liquid. Dengan demikian produk liquid bisa dikendalikan dan aman bagi konsumen,” kata Tarmo Kruusimäe, Anggota Parlemen Estonia dan Ketua Smoke-Free Estonia Support Group.

Cloudride Vapor
Cukai Estonia untuk liquid hanya sebesar EUR 0,2 (Rp 3.488) per ml sejak 2018.

Organisasi tersebut telah menghitung bahwa liquid dari perdagangan antar negara dan selundupan menguasai sekitar 62-80 persen pasar liquid Estonia.

Sebelum berlakunya penangguhan cukai, vaper Estonia membeli liquid dari negara tetangga seperti Latvia dan Rusia, karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Sejak saat itu perdagangan gelap mulai tumbuh, anak di bawah umur mulai menjadi penjual dan pembeli di pasar gelap.

(Via NNA)

Comments

Comments are closed.