Nancy Pelosi: “Katakan Tidak Pada JUUL”

By Bayu Nugroho | News | Selasa, 27 Agustus 2019

Bukan sesuatu hal yang baru JUUL mendapat kecaman dari para legislator, orang tua dan pejabat kesehatan masyarakat atas perannya dalam epidemi vaping remaja. Hal ini dikarenakan JUUL memainkan 75 persen pasar rokok elektrik di AS.

Pada hari rabu (21/8), Nancy Pelosi, pembicara House, menyatakan keberatannya atas kehadiran perusahaan JUUL Labs dan upayanya untuk membatalkan larangan penjualan rokok elektrik dalam Proposition C.

“Kita tidak mampu membuat anak-anak keluar dari kecanduan nikotin. Dengan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang dari rokok elektrik yang tidak diketahui, kita tidak bisa membiarkan kepentingan khusus korporat memainkan proposisi ini. Jadi, saya meminta anak-anak, guru, orang tua, pemimpin, pembuat kebijakan katakan tidak kepada JUUL, katakan tidak pada Proposition C,” kata Pelosi pada upacara Partai Demokratik San Francisco, dimana dia mendapatkan Lifetime Achievement Award.

Tercatat JUUL Labs sudah mengelontorkan dan hingga USD 4,3 juta (sekitar Rp. 61,2 miliar) untuk mendukung Proposition C, uang ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pendukung inisiatif pemungutan suara San Francisco lainnya. Badan kontribusi yang ini dibentuk untuk mendukung upaya pemungutan suara, yang disebut dengan Coalition for Responsible Vaping Regulation.

The Black Sheep
Bila Proposition C diterima, undang-undang yang sudah disahkan oleh Dewan Pengawas pada bulan Juni lalu, dimana melarang penjualan rokok elektrik sampai mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA), akan dikesampingkan.

Bila memang Proposition C mendapat persetujuan, nantinya penjualan rokok elektrik akan terus terjadi di kota San Fransisco, namun dalam kemasan peraturan baru. Bagi pengecer online yang ingin tetap berjual produk rokok elektrik ke kota San Francisco harus mengantongi izin.

Namun untuk toko vape diharuskan mempunyai alat verifikasi usia untuk memastikan pelanggan setidaknya berusia 21 tahun, usia legal untuk membeli produk tembakau di California. Nantinya setiap pelanggan dibatasi hanya bisa membeli dua perangkat dan lima paket (total 20 pod) bila membeli lewat toko vape, lalu dua perangkat dan 60 mili liter (sekitar 86 pod) per bulan secara online.

(Via San Fransisco Chronicle)

Comments

Comments are closed.