Mulai Januari 2019, Orchard Road Resmi Jadi Kawasan Bebas Asap

By Vapemagz | News | Rabu, 9 Januari 2019

Para wisatawan Indonesia yang sering berkunjung ke Singapura tentu sudah tidak asing lagi dengan kawasan Orchard Road. Mulai Januari 2019 ini, kawasan wisata tersebut sudah resmi menjadi kawasan bebas asap dan produk rokok. Hal ini mengacu aturan National Environment Agency (NEA), dimana area ini tak mengizinkan produk rokok dan produk turunannya masuk dalam area tersebut.

Salah satu turis asal Indonesia, Budi Mulyawan (38 tahun), kena tegur petugas setempat setelah merokok di dekat tempat sampah di depan Ngee Ann City. “Saya tidak tahu tentang area bebas rokok. Saya melihat tempat sampah, jadi saya merokok,” ujarnya seperti dikutip Straits Times.

Dengan diberlakukannya area bebas asap, maka kini kawasan Orchard tak menyediakan zona khusus untuk merokok di restoran atau area makanan. Bahkan, tempat hiburan malam yang biasanya menyediakan ruang untuk merokok juga hanya boleh menyediakan area merokok dengan izin ketat pemerintah Singapura.

Meski demikian, masih ada 40 lokasi khusus terpisah di Orchard Road yang ditempatkan khusus untuk area merokok. Jarak antara lokasi tersebut ialah 100 hingga 200 meter. Sebagai bagian dari sosialisasi, pemerintah Singapura membagikan informasi lokasi tersebut dalam brosur.

NEA/Straits Times Graphic
Pemerintah Singapura menyediakan 40 lokasi khusus terpisah di Orchard Road yang ditempatkan khusus untuk area merokok.

Selama masa sosialisasi ini, otoritas Singapura hanya akan menegur pengunjung yang ketahuan membawa, menyalakan, atau menghisap rokok dan produk turunannnya. Periode sosialisasi ini hanya berlangsung hingga Maret 2019. Kedepan, otoritas akan menindak tegas pengunjung yang melakukan pelanggaran, mulai dari sanksi denda hingga SGD 1.000 atau kisaran IDR 10,4 juta.

Demi menegakkan aturan, pemerintah Singapura memasang lebih banyak kamera pengintai dan petugas NEA. Brosur dan relawan yang mengingatkan larangan rokok juga disebar di seluruh Singapura. Sekadar informasi, aturan ini merupakan gagasan dari NEA bersama Orchard Road Business Association (ORBA), pemerintah, dan seluruh komponen pendukung di Orchard Road yang mulai disusun pada 2015.

Sebenarnya Singapura sendiri cukup ketat menerapkan aturan larangan merokok di beberapa kawasan lainnya. Jumlah pelanggaran terkait merokok di area terlarang pun kian meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016, jumlah pelanggaran tercatat sebanyak 19.000 kasus, naik menjadi 22.000 setahun berikutnya, hingga menjadi 28.000 di 11 bulan tahun 2018.

(Via Straits Times)

Comments

Comments are closed.