Montana Mengesahkan RUU Untuk Menghentikan Larangan Vape Rasa

By Bayu Nugroho | News | Senin, 3 Mei 2021

Legislatif Montana pada hari Senin (26/4) mengesahkan RUU yang akan memblokir pemerintah lokal dari larangan penjualan produk vape rasa. Senate Bill 398 diajukan oleh Senator Jason Ellsworth, seorang Republikan dari Hamilton dan RUU tersebut meraih pemungutan suara terakhir di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan perolehan 59-40.

RUU tersebut mengatakan bahwa pemerintah daerah tidak boleh mengadopsi, menegakkan peraturan atau resolusi apa pun yang melarang penjualan produk vaping. Di bawah undang-undang tersebut, pemerintah daerah dapat memberlakukan peraturan atau resolusi yang “masuk akal” terkait dengan penjualan produk vaping.

Meskipun undang-undang tersebut tidak mendefinisikan secara lengkap, Ellsworth mengatakan dalam pemikirannya bahwa hal itu bisa berarti seperti menjauhkan produk dari jangkauan anak-anak di toko atau tidak mengizinkan vaping di restoran.

Datagame
Montana Youth Risk Behavior Survey 2019 menunjukkan bahwa 58,3 persen siswa telah menggunakan perangkat vape dalam 30 hari sebelum survei.

Membawa RUU tersebut ke DPR, Mike Hopkins mengatakan pemerintah daerah seharusnya tidak memiliki kewenangan untuk melarang penjualan produk legal. “Apa yang mereka coba lakukan adalah membuat ilegal produk yang sepenuhnya legal. Tentu ini akan menghancurkan kehidupan ekonomi dan keuangan warga Montana,” kata Hopkins.

(Via Independent Record)

Comments

Comments are closed.