Meski Diberlakukan PSBB, Produksi Rokok di Kudus Jalan Terus

By Vapemagz | News | Sabtu, 16 Mei 2020

Di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi virus korona (coronavirus atau COVID-19), sejumlah pabrik rokok di wilayah Kudus, Jawa Tengah ternyata tetap beroperasi. Industri rokok justru meningkatkan produksi karena permintaan yang melonjak selama pandemi.

“Di tengah pandemi COVID-19, aktivitas produksi rokok di Kudus masih tetap berjalan normal. Bahkan ada kecenderungan beberapa pabrik rokok produksinya naik menyesuaikan permintaan pasar,” kata Ketua Persatuan Perusahaan Rokok Kudus, Agus Sarjono.

Menurut Agus pandemi COVID-19 memaksa banyak masyarakat bekerja dari rumah dengan aktivitas ke luar rumah menjadi terbatas. Hal ini justru membuat perokok memiliki kesempatan yang luas untuk merokok.

Reuters
Pemberlakuan PSBB justru meningkatkan kesempatan perokok untuk lebih banyak merokok.

“Jika sebelumnya konsumen lebih mempertimbangkan soal rasa, maka saat ini mereka menyesuaikan kantong keuangannya sehingga pilihannya bukan lagi soal rasa melainkan soal harga,” ujar Agus.

Sementara itu, Senior Manager Corporate Affair PT Djarum Purwono Nugroho mengatakan kenaikan permintaan rokok tersebut disesuaikan dengan jangka waktu terjadinya wabah korona. Semakin lama wabah ini bisa teratasi maka penghasilan masyarakat juga akan berpengaruh sehingga bisa berdampak pada penurunan daya beli.

“Untuk sementara ini memang ada kecendrungan naik,” ujarnya.

Terkait dengan aktivitas produksi industri rokok saat ini, Djarum menerapkan protokol kesehatan dibuat dua shift. Shift pertama, masuk mulai pukul 05:30-10:30 WIB sedangkan shift kedua mulai pukul 11:00-16:00 WIB.

(Via ANTARA)

Comments

Comments are closed.