Merokok di Dalam Rumah Dapat Membahayakan Kesehatan Keluarga, Ini Tips Cara Mengatasinya

By Vape Magz | News | Selasa, 12 Oktober 2021

Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan berbagai persoalan. Selain persoalan pada kesehatan si perokoknya sendiri, paparan asap rokok juga rupanya berbahaya terhadap lingkungan di sekitarnya, apalagi jika merokoknya itu dilakukan di dalam rumah.

Tahukah kamu, ketika ada satu perokok di dalam rumah bisa meningkatkan risiko paparan asap rokok bagi penghuni rumah alias menjadi perokok pasif. Jangan diabaikan bahayanya, karena Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mencatat jika rokok mengandung 250 bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam asap hasil pembakaran rokok dan 50 di antaranya diketahui sebagai penyebab kanker.

Bahan kimia hasil pembakaran rokok tersebut juga bisa menempel dan bertahan di karpet, gorden, pakaian, makanan dan benda-benda lainnya selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Meski rumahmu memiliki sirkulasi udara ruangan yang baik, tetap saja bahayanya tak hilang.

“Seseorang yang berada di tempat yang mengizinkan untuk merokok berisiko terpapar zat berbahaya dalam jumlah tinggi karena polusi yang ditimbulkan asap rokok bisa mencapai level yang jauh lebih tinggi dibandingkan polutan udara lain seperti asap dari knalpot mobil,” seperti dikutip dari situs WHO.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga mencatat paparan asap rokok bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan. Hal ini membuat kamu harus menghindari kebiasaan merokok agar perilaku hidup sehat tetap berjalan baik.

Agar rumah bebas dari asap rokok dan partikelnya yang bisa menempel dalam jangka waktu lama tersebut, coba deh lakukan tiga cara berikut ini.

Jaga kebersihan

Biasakan menjaga kebersihan diri dan rumah dengan cara mengganti, mencuci, atau membersihkan seluruh perabot secara berkala. Ingat, sehabis merokok, sebaiknya kamu mandi dan berganti pakaian sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga karena partikel berbahaya dari asap rokok juga berisiko menempel pada rambut, kulit dan pakaian yang kamu kenakan pada saat merokok.

Berhenti merokok dalam ruangan

Berhenti merokok adalah jalan terbaik untuk menghindari paparan asap rokok. Tapi jika masih belum bisa berhenti dan ingin merokok, sebaiknya kamu melakukannya di luar ruangan (outdoor). Dengan demikian, kamu bisa menghindari paparan rokok dan partikelnya terhadap anggota keluarga maupun benda-benda yang berada di rumah.

Beralih ke produk tembakau alternatif

Produk tembakau alternatif disebut-sebut tak meninggalkan bahaya seperti paparan asap rokok. Sebab, produk tembakau alternatif menekankan prinsip harm reduction (pengurangan bahaya) dengan menerapkan sistem pemanasan yang hanya menghasilkan uap. Dengan demikian, kadar bahan kimia berbahaya yang dihasilkan bisa ditekan secara signifikan dan uapnya tidak mengandung partikel padat, sehingga tidak akan menempel di tubuh maupun perabot di rumah kamu.

Dalam gelaran 8th Global Forum on Nicotine pada Juni 2021 lalu, Presiden Foundation of a Smoke-Free World Dr. Derek Yach menyebutkan bahwa kehadiran produk tembakau alternatif ini berpotensi membantu menyelamatkan hingga 4 juta perokok dari ancaman kematian per tahunnya.

“Jumlah pengguna produk harm reduction telah mencapai seratus juta orang dan diprediksi bisa menekan tren kematian sekitar 3 hingga 4 juta per tahun,” terangnya seperti dikutip dari Cebudailynews.

(Via ifestyle.okezone.com)

Comments

Comments are closed.