Mengulas AVG, Komunitas Yang Berasal Dari Vapers Dan Pecinta Air Soft Gun

By Vape Magz | News | Rabu, 29 Juni 2022

Komunitas Air Vape Gun yang terdiri dari vapers dan pecinta air soft Gun (sumber foto : pribadi)

Vapemagz – Berbagai kegiatan dilakukan masyarakat dalam mengisi waktu lenggangnya, salah satunya dengan menggeluti Hobi. Bahkan, sebagian orang rela merogoh koceknya lebih dalam hanya untuk memuaskan Hobinya tersebut.

Salah satunya komunitas Air Vape Gun, sebuah kelompok yang berasal dari vape enthuasiast seperti pengusaha vape, brewer hingga vapers ini memutuskan untuk membuat perkumpulan pecinta air soft gun. Dalam kesempatan kali ini, Vapemagz Indonesia mewawancarai bang Black, salah satu founder dari komunitas Air Vape Gun, seperti apa perbincangannya ? Yuk simak pembahasannya!

Bisa diceritakan awal berdirinya komunitas Air Vape Gun ?

Jadi kami memberikan nama air vape gun itu karena kita sama-sama nge-vape dan kebetulan hobby kita sama yaitu suka Air Soft Gun. Jadi makanya kita sebut komunitas kita itu Air Vape Gun.

Ide awal terciptanya komunitas Air Vape Gun itu dari mana sih ?

Foundernya atau orang yang pertama kali membuat itu sebenarnya ada om Arif, Om Munthe, saya sendiri dan Om Holland sebagai pendirinya.

Kemudian, mereka mengajak anak-anak vapers untuk membentuk komunitas Air Vape Gun, yang dimana semuanya berasal dari vapers yang kemudian merujuk pada hobby di Air Soft ini.

Tujuan dicipatkannya komunitas Air Vape Gun sendiri itu seperti apa ?

Kembali lagi ya pada basic kita yaitu ‘Boys Will Be Boys’, karena main-mainan tembak-tembakan siapa sih yang gak suka waktu kecil ? Selain itu ya kita juga disini ingin mengolah kemampuan dan bakat dalam hal ketepatan menembak, kejujuran dan olahraga ya.

Kaya contoh soal ketepatan, nah di airsoft itu ada beberapa stage yaitu menembak di shooting range sebelum bermain, terus latihan tembak reaksi, dan yang terakhir battle field.

Terus kejujuran, jadi saat kita kena tembak itu sebenarnya kejujuran kita diuji, kita mau jujur atau engga kalau faktanya kena berondongan peluru. Tapi balik lagi, kalau kitanya gak jujur yaitu padahal kena tapi bilang gak kena, disitu udah keliatan gak bisa dilatih soal kejujurannya.

Kemudian point olahraga, kita tahu kegiatan ini kan bentuknya olahraga juga karena mengeluarkan keringat saat lari-larian mengejar musuh dan lari dibrondong peluru. Jadi alasan-alasan tersebut yang kita bangun di komunitas ini.

Komunitas Air Vape Gun ini berasal dari vape enthusiat mana saja, bisa disebutkan ?

Banyak banget, disini ada owner Tom Vapor, saya sebagai owner Vape To Black, kemudian ada Vaporizer Jakarta, terus ada beberapa brewer liquid, owner toko vape se-Jakarta, bahkan yang vapers biasapun juga ada disini untuk ikut bermain.

Jadi disini kita tidak mengkotak-kotakan seseorang ya, terlepas dia pengusaha vape ataupun vapers biasa sekalipun juga tidak masalah.

Untuk intensitas pertemuan di kegiatan komunitas Air Vape Gun ini bisa berapa banyak pertemuan dalam seminggu atau sebulan ?

Untuk intensitas permainan kita itu dalam satu minggu itu biasanya satu kali ya. Tetapi terkadang, dalam satu minggu bisa dua sampe tiga kali ya pertemuan. Karena itu saking antusiasnya dan semangat-semangatnya kita main air soft gun.

Vapemagz lihat, masing-masing pemain kan pada punya unit-nya sendiri nih, apakah itu menjadi salah satu syarat untuk bergabung pada komunitas Air Vape Gun ?

Memang, semuanya pada niat karena untuk masuk ke komunitas Air Vape Gun itu memang harus punya unit dan itu jadi salah satu kewajiban ya.

Karena untuk masuk ke komunitas ini ada dua syarat yaitu dia harus sebagai vapers kemudian yang kedua dia harus punya unitnya. Kalau dia belum punya unit, mohon maaf dia belum bisa bergabung ke komunitas Air Vape Gun.

Alasannya kenapa sih jika seseorang belum punya unit, tidak boleh bergabung ke komunitas Air Vape Gun ?

Karena dengan kita punya unit sendiri itu pasti kita akan lebih niat dalam mengikuti berbagai kegiatan komunitas dan hobbynya tersebut. Sebab, kalau kita tidak punya unit berarti tandanya itu kita kan setengah-setengah ya dalam menjalaninya.

Jadi ibaratnya, kalau kita ingin main skateboard pastinya kita harus punya unit-nya dulu dong, engga mungkin kita minjem sama orang.

Salah satu founder komunitas Air Vape Gun (sumber foto : Pribadi)

Nah, apa yang mendasari anggota sampai seniat itu membeli unit airsoft yang notabene-nya tergolong mahal, sehingga rela sampai membeli perlengkapan pendukung lainnya juga ?

Jadi memang semuanya karena hobby sih mas, jadi mau semahal apapun, kalau itu sudah hobby pasti akan spend buat hal berhubungan dengan apa yang kita sukai.

Kegiatan air soft ini kan merupakan kegiatan yang cukup berisiko ya mas, langkah preventif apa sih yang harus dilakukan oleh para anggota sebelum bermain ?

Biasanya sih sebelum bermain, kami wajib ya menggunakan gears pelindung untuk tubuh pengaman seperti rompi, masker, sarung tangan, safety glass dan helmet supaya safety saat bermain tembak-menembak.

Karena dalam permainan ini, kalau kita punya unit saja tapi tidak punya peralatan pelindung, ya risikonya kita siap nerima konsekuensi luka-luka lah akibat terkena peluru plastik saat bermain.

Karena bagaimanapun, bermain tanpa perlengkapan pelindung itu cukup bahaya ya mas, apalagi kita tidak memakai safety glass dan terkena peluru, itu kemungkinan besar bisa buta matanya.

Dalam kegiatan kedepan, komunitas Air Vape Gun ini rencananya mau bikin kompetesi lawan komunitas Air Soft Gun yang lain gak sih ?

Kedepannya sih pasti ada ya, bahkan kalau semisal ada ada kompetisi Air Soft, kita bisa sekaligus untuk memperkenalkan nama Air Vape Gun ke komunitas Air Soft. Dengan begitu, masyarakat menjadi tahu bahwa ada loh perkumpulan vapers yang bikin komunitas Air Soft Gun, sehingga bisa sekaligus mengharumkan komunitas vapers juga kan sekaligus.

Kabarnya Air Vape Gun akan melegalkan komunitasnya ke perbakin nih, Alasannya kenapa sih ?

Jadi memang benar kita mengajukan pelegalan ini ke perbakin ya agar komunitas ini diakui oleh perbakin, sehingga saat kita menenteng unit ini tidak disalahgunakan dan digunakan sebagaimana mestinya. Karena kan banyak di luar sana, unit air soft ini disalahgunakan untuk gaya-gaya an dan menakut-nakuti seseorang.

Nah disini kita berbesar hati untuk mendorong pelegalan komunitas ini agar diakui bahwa Air Vape Gun merupakan komunitas dari vapers yang ingin bermain air soft.

Sejauh ini proses pelegalannya sudah sampai mana ?

Kebetulan kita lagi proses dan memang masih menunggu pengesahan dan akan kami launching beberapa pasal soal regulasi tersebut ke Perbakin dan memang ini tinggal nunggu penandatangan persetujuan saja. Ketika ini sudah ditandangani, baru komunitas Air Vape Gun ini resmi mempunyai legalitas yang sah.

Harapannya untuk komunitas Air Vape Gun sendiri seperti apa ?

Saya berharap komunitas ini bisa berkembang jauh lebih besar hingga ke luar daerah, jadi tidak hanya di daerah Jakarta saja. Misalnya di daerah ada vapers, kemudian dia juga hobby sama Air Soft Gun hingga akhirnya bergabung, itu harapan kami sih.

Karena memang sebenarnya di luar daerah sudah ada yang bergabung sih yaitu dari Jogja, tetapi karena jauh akhirnya saat dia ke Jakarta baru kita ajak main. Tetapi tidak menutup kemungkinan saat kami ada kegiatan di Jogja bisa juga main disana sama rombongan di Battle Field mereka.

Tetapi pada intinya, kita ingin melebarkan sayap komunitas ini hingga ke semua penjuru Indonesia lah. Jadi setiap kami ingin main ke Daerah, kami bisa gabung sama komunitas Air Vape Gun yang ada di daerah.

Comments

Comments are closed.