Mau Tau Istilah untuk Para Vapers? Cek Di Sini!

By Vape Magz | News | Senin, 7 Februari 2022

Selain rokok konvensional 3S (Surya, Super, dan Samsu), saya juga menikmati rokok elektrik, atau kebanyakan orang menyebutnya dengan vape/vapor. Orang kek saya ini sebutannya hybrid. Nyedot Surya iya, nyedot Muffin and Xes juga iya. Bagi kaum vape, terkadang saat nongkrong muncul istilah-istilah unik dalam membahas dunia per-vape-an. Nggak jarang, beberapa istilah tersebut malah membingungkan orang-orang yang asing dengan vape. Namun, jangan khawatir, untuk membantu orang-orang yang bingung itu, berikut ini akan saya paparkan beberapa istilah umum yang sering dijumpai saat nongkrong dengan kaum kebul. Apa saja? Simak baik-baik!

#1 Pod

Istilah pod sebenarnya merujuk pada jenis mod kecil, baik dari ukuran maupun daya. Biasanya, pod digemari oleh pemula, lantaran perawatannya mudah, harganya murah, dan dayanya juga nggak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 60 sampai 80 Watt saja. Beda pod dengan mod biasa adalah biasanya menggunakan salt nicotine. Apa itu salt nicotine? Nanti saya jelaskan.

#2 Mod

Mod adalah pemantik daya dalam vape. Mod terbagi dalam dua jenis, mekanikal dan elektrikal. Bedanya dengan pod, mod ini punya daya yang lebih besar, juga butuh baterai yang lebih besar. Mod biasanya butuh RDA/RTA untuk membakar liquid.

#3 RDA

Secara sederhana, RDA atau rebuildable drip atomizer dapat diartikan sebagai atomizer yang bisa dirangkai sendiri. Maksudnya, RDA ini masuk ke dalam jenis vape yang menggunakan sistem tetes liquid (dripping) dan build coil.

Nah, RDA ini ibaratnya adalah api dari vape. Maksudnya, liquid baru bisa disedot ketika dipanaskan di RDA, melalui coil dan kapas. Gampangnya, RDA itu kompor, kapas itu sumbunya, coil itu penghantar gas yang jadi api.

#4 RTA

Sementara RTA (Rebuildable Tank Atomizer), fungsinya hampir sama dengan RDA, namun yang jadi pembeda adalah adanya tank (penampung liquid). Jadi, khusus vape yang pakai RTA nggak usah pakai sistem tetes (dripping), tapi liquid cukup dimasukkan tank/tangki.

#5 Liquid

Gampangnya, liquid adalah cairan atau juice yang digunakan untuk memberikan rasa (flavour) ke vape. Prosesnya, yakni dengan dua cara tadi, ada yang pakai tanki ada juga yang pakai sistem drip yang kemudian dipanaskan menjadi uap.

Masih bingung? Liquid itu, mudahnya, tembakaunya vape. Nah.

#6 Tank/tanki

Tank di sini jangan dibayangkan seperti kendaraan tempur, lho, ya. Tapi, sebagai tempat penampung liquid. Biasanya digunakan di vape yang pakai RTA.

#7 Atomizer

Atomizer sering disebut juga atty, yaitu sebuah bagian yang berguna untuk memanaskan liquid menjadi uap. RDA/RTA itu atomizer.

#8 Connector

Yang jadi pertanyaan, “Kok bisa panas? Padahal, kan, nggak pakai kompor?”. Untuk menghasilkan panas, atomizer dikoneksikan melalui connector ke mod (Body yang isinya aliran listrik dari baterai).

#9 Drip Tip

Bahasa paling gampang dari drip tip adalah tempat mengisap. Fungsinya, ya, untuk mengisap uapnya, lah.

#10 Top cap

Kalau ada tempat mengisap harus ada tutupnya juga, kan? Nah, itulah yang dinamakan top cap.

#11 Dripping

Secara harfiah, dripping artinya menetes. Sama halnya saat kita minum kopi Vietnam drip, proses dripping juga digunakan untuk menikmati vape dengan cara meneteskan liquid ke cotton.

#12 Cotton

Untuk mengubah cairan liquid menjadi uap, tentu menggunakan medium, yakni kapas. Tapi, yang dipilih bukan kapas sembarangan, lho, ya, tapi kapas khusus vape, bukan kapas luka ataupun kapas make-up.

#13 Coil

Kalau sudah ada aliran listrik yang membuat panas, ada medium kapasnya, ada liquid-nya, lalu di mana bagian memanaskannya? Yup, semua itu terjadi di coil.

#14 Post

Terus, coil-nya ditaruh di mana? Oh iya, tempat menaruh coil namanya post.

#15 Chamber

Lalu, kalau coil sudah terpasang di post, semuanya ada di mana? Hmmmm, ada di chamber.

#16 Cartridge

Secara praktik, baik coil dan cartridge fungsinya sama. Tapi yang membedakan adalah tempatnya, cartridge biasa ditemukan di pod. Bedanya lagi, kalau ingin ganti coil, berarti hanya ganti coilnya saja. Kalau cartridge, ya ganti cartridge-nya.

#17 Build

Artinya merangkai. Jadi, vape itu bisa dibongkar pasang, terutama saat mengganti coil.

#18 Firing

Firing berasal dari kata fire. Fire berarti api. Firing artinya proses pengapian/pembakaran untuk mengubah cairan liquid menjadi gas uap.

#19 Flooding

Eits, artinya bukan kebanjiran, lho, Gaes. Memang, istilah flooding sering digunakan jika liquid yang diberikan memenuhi chamber tempat coil berada. Sehingga, akan basah dan menyebabkan proses firing menjadi terganggu.

#20 Dry hit

Jika tadi kebasahan/kebanjiran, dry hit berarti sebaliknya, yakni terlalu kering dan ditandai dengan rasa agak smoky alias gosong. Dry hit ini bahaya, sebab bisa bikin tenggorokan terasa sakit dan batuk yang parah.

#21 Spitback

Selain kekeringan dan kebanjiran, ada juga istilah spitback, yaitu sensasi muncratan liquid panas saat build-nya keliru. Kalau keseringan, bisa sariawan.

#22 Leaking

Sementara istilah leaking berarti menandakan adanya cairan liquid yang bocor dari atomizer.

#23 Aftertaste

Istilah aftertaste nggak hanya digunakan di dunia kuliner maupun per-kopi-an saja, lho. Tapi juga digunakan untuk istilah vape. Jika kita sedang minum kopi arabica, aftertaste-nya agak kecut-kecut sedap. Sementara aftertaste saat nge-vape, dihasilkan oleh tertinggalnya rasa liquid di dalam mulut.

#24 Mouth to lung inhale

Istilah ini adalah teknik mengisap, yakni teknik yang sama ketika kita sedang merokok konvensional. Ditahan di mulut dulu, lalu diisap ke paru-paru.

#25 Direct to lung inhale

Sementara direct to lung inhale, merupakan teknik mengisap yang langsung diarahkan ke paru-paru tanpa harus ditahan di mulut.

#26 Dry burn

Kadang, untuk membersihkan coil yang masih layak pakai, hanya cukup memanaskan coil-nya dengan menahan firing button-nya saja. Nah, teknik tersebut diistilahkan dengan dry burn.

#27 Throat hit

Istilah ini artinya sensasi gatal di tenggorokan. Beberapa liquid punya kadar throat hit yang berbeda. Biasanya, makin tinggi kadar nikotinnya, makin terasa throat hit-nya.

#28 PSK

Ini bukan istilah tabu, lho, Gaes. Tapi, istilah yang digunakan para pemburu vape seken. Kepanjangan PSK sendiri adalah Paket Siap Kebul. Bisanya, PSK ini tergantung jenis vape-nya. Jika mod, PSK-nya ada baterai, RDA/RTA, coil, cotton, dan liquid. Sedangkan untuk POD, PSK-nya ada baterai (kadang pisah, kadang tanam), coil, dan liquid.

Bagi kalian yang baru join nge-vape atau mungkin punya teman yang suka nge-vape dan pakai istilah di atas lalu kalian nggak tahu artinya, kalian bisa buka istilah-istilah itu di kamus vape di atas. Semoga bermanfaat, ya, Gaes.

 

(Via mojok.co)

Comments

Comments are closed.