Marvel Comics Membuat Propaganda Anti-Vaping Untuk FDA

By Bayu Nugroho | News | Rabu, 28 April 2021

FCB New York dan FDA Center for Tobacco Products melakukan pendekatan unik untuk menarik perhatian remaja terkait bahaya vaping. Mereka telah berkolaborasi dengan Marvel Comics untuk membuat “The Mind Control Menace”, sebuah buku komik berjumlah 16 halaman dimana penjahat super adalah kecanduan, mereka akan mendekati para remaja lewat hasrat untuk vaping.

Ini menandai fase terbaru dari inisiatif FDA “The Real Cost”, yang sudah dimulai sejak tahun 2014 untuk memerangi merokok di kalangan remaja, berhasil mencegah hampir 587.000 remaja berusia 11 hingga 19 tahun dalam dua tahun pertama dan memenangkan empat Effies selama rentang lima tahun.

Pada tahun 2018, program ini mulai memperluas fokus karena adanya peningkatan drastis vaping remaja. Dilaporkan 38,9 persen remaja sekolah menengah atas di AS yang secara mengejutkan dilaporkan sering menggunakan vape. Di tahun yang sama FCB New York meluncurkan kampanye pendidikan vaping pertamanya.

Marvel
Proyek “The Real Cost” secara strategis ditargetkan untuk remaja dan menggunakan platform yang tepat untuk menyampaikan pesan.

“Kisah-kisah Marvel selalu mencerminkan dunia di sekitar kita, yang memungkinkan kita menemukan cara yang berarti untuk menjangkau penggemar dari segala usia. Sebagai sebuah merek, kami menyadari dampak misi FDA untuk memerangi nikotin dan pengaruhnya terhadap kaum muda. Kami merasa terhormat untuk berkontribusi pada kampanye penting semacam itu untuk meningkatkan kesadaran tentang sifat adiktif dari vaping,” kata Dan Buckley, presiden Marvel Entertainment.

“The Mind Control Menace” adalah kisah pahlawan melawan penjahat yang bisa mengkontrol kecanduan hidup seseorang. Proyek komik ini dikembangkan hasil kolaborasi antara FCB New York dan Pimpinan Kreatif Marvel Darren Sanchez.

Konsep ceritanya berakar pada pengguna vape yang dapat dengan cepat tunduk pada nikotin dan keinginan tersebut terjadi di otak. Alih-alih menampilkan kecanduan dalam bentuk humanoid atau monster, tim kreatif justru membuat ilustrasi yang menunjukkan asap hijau menguap yang mengelilingi sekitar tubuh korban.

Kampanye ini terbagi dalam tiga bentuk: komik statis digital yang tayang di Marvel.com, komik animasi yang berjumlah lima bab yang ditayangkan di Marvel.com dan YouTube, dan komik cetak.

“Kami sangat bangga dengan kolaborasi ini. Kami selalu mencari cara yang inovatif dan efektif untuk menarik perhatian remaja. Lewat kemitraan dengan Marvel Comics dan FCB ini memungkinkan kami untuk menyampaikan pesan kami dengan cara yang sangat kreatif,” kata Kathleen Crosby, direktur kantor komunikasi dan pendidikan kesehatan di FDA Center for Tobacco Products.

(Via Vaping360 / Marvel)

Comments

Comments are closed.