Lindungi Anak-anak Menjadi Perokok Aktif Dini, Relx Luncurkan Guardian Program

By Vape Magz | News | Rabu, 30 Maret 2022

Ilustrasi remaja merokok (sumber : www.pexels.com)

Vapemagz – Berbagai macam merek rokok elektrik di Indonesia kini kian marak. Baik dengan sistem terbuka maupun sistem tertutup. Varian rasanya pun semakin beragam, dari rasa buah-buahan, susu, soda, hingga rasa rasa kretek yang merupakan selera kebanyakan anak muda.

Varian yang beragam ini juga dibarengi dengan kemasannya yang dapat dikatakan terlalu menarik perhatian anak di bawah umur. Hal ini tentu cukup meresahkan bagi masyarakat, terlebih lagi bagi kalangan yang belum teredukasi mengenai apa dan kegunaan dari rokok elektrik, yang tentu saja bukan untuk anak-anak.

Melihat hal tersebut, RELX sebagai salah satu produsen rokok elektrik global melalui kampanye Guardian Program, mengutamakan perlindungan terhadap anak dari pengaruh rokok, termasuk melalui desain kemasan yang tidak mengundang perhatian anak di bawah umur.

“Tentu saja salah satu alasan mengapa kemasan produk kami dibuat se-simple mungkin adalah agar tidak menarik perhatian anak dibawah umur. Keputusan ini sudah ada sejak awal dan menjadi komitmen kami yang akan selalu kami pantau,” ujar General Manager RELX Indonesia di Jakarta, Yudhi Eka Saputra.

Guardian Program sendiri meliputi edukasi terhadap mitra komersial untuk menerapkan program tersebut. Para mitra diberikan informasi untuk memasarkan produk secara bertanggung jawab, mengikuti panduan ketat agar materi ditujukan untuk perokok dewasa dan bukan untuk audiens remaja.

“Kami juga memiliki persyaratan untuk para pengecer yang mencakup pemantauan dan hukuman atas ketidakpatuhan terhadap batasan di bawah umur. Karena pada praktiknya, garda terdepan untuk konsumen adalah toko atau mitra kami. Maka peran mereka juga cukup penting,” katanya.

Brand Relx

Sebagai brand rokok elektrik yang sedang berkembang di Indonesia, Yudhi menerangkan,  RELX berkomitmen untuk menyediakan solusi vaping masa depan dengan mengembangkan dan merintis teknologi dan program yang berfokus pada pemberdayaan perokok dewasa melalui teknologi dan desain, secara etis.

“Kami mengambil tanggung jawab ini dengan sangat serius dan telah menjadi komitmen kami untuk mencegah dan penyalahgunaan rokok elektrik oleh anak di bawah umur dan orang-orang yang bukan perokok atau vapers, melalui Guardian Program,” ungkapnya.

Kehadiran Guardian Program adalah untuk menghindari penyalahgunaan, mendukung undang-undang dan peraturan yang efektif untuk mencegah pembelian dan penggunaan produk kami oleh anak di bawah umur.

“Jadi tidak hanya penggunaan kemasan dengan label bertuliskan ‘produk ini mengandung nikotin”. Tapi dinfokan juga bahwa ‘Nikotin adalah bahan kimia adiktif’, serta tidak menampilkan lambang atau karakter kartu,” pungkas Yudhi.

Comments

Comments are closed.